Ticker

6/recent/ticker-posts

Latihan Soal PRA PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

 



soal: 40 = + 40 S

  • 1. + S 1 1         edit

    Bacalah dengan cermat data berikut!

    Judul Teater Paripurna : Lutung Kasarung
    Karya/Sutradara : Bambang Arayana Sambas
    Waktu dan Tgl Pementasan : Pukul 21.00-24.00 WIB, Jumat 18 Oktober 2021
    Tempat Pementasan : Gedung Kesenian Sunan Ambu STSI Bandung
    Pimpinan Produksi : I Nengah Maja B.A
    Penanggung Jawab : Dra. Wiwi Siti Zawiyah
    Asal Pemain : SMK Negeri 10 Bandung

    Data tersebut termasuk identitas untuk teks ulasan…
    1. + T     edit

      drama
    2. + F     edit

      album lagu
    3. + F     edit

      video klip
    4. + F     edit

      film


  • 2. + S 1 2         edit

    Bacalah identitas berikut!

    (1) Judul Buku : Aku Bisa Menulis
    (2) Pengarang : Didik Komaidi
    (3) Sutradara : Aria Kusumadewa
    (4) Penerbit : Sabda Media
    (5) Skenario : Nana J. Mulyana
    (6) Tahun Terbit : 2007
    (7) Produksi : PT Sinemata
    (8) Produser : Aria Kusumadewa, Nurul Arifin

    Identitas yang berkaitan dengan buku adalah nomor…
    1. + T     edit

      (1), (2), (4), (6)
    2. + F     edit

      (1), (3), (4), (5)
    3. + F     edit

      (3), (5), (7), (8)
    4. + F     edit

      (1), (3), (5), (7)


  • 3. + S 1 3         edit

    Bacalah teks ulasan film berikut!

    Teater ini sangat menarik. Teater yang diperankan oleh beberapa orang ini bisa dikatakan sukses dan menampilkan yang terbaik. Dari segi keaktoran, hampir sebagian besar pemeran memerankan dengan menerapkan teknik keaktoran, terlihat dari ekspresi, gesture, vokal, dan artikulasi yang baik dalam berdialog. Setiap pemain mampu memerankan dan menghayati sesuai dengan perannya. Waktu pementasan juga tidak terlalu lama.

    Teks ulasan tersebut termasuk struktur bagian….
    1. + T     edit

      evaluasi
    2. + F     edit

      orientasi
    3. + F     edit

      identitas
    4. + F     edit

      analisis


  • 4. + S 1 4         edit

    Bacalah teks ulasan novel berikut!

    Nah jika selama ini kita merasa sudah jenuh dengan cerita-cerita cinta yang begitu rumit, bertele-tele tapi tak banyak mengaduk-aduk emosi, maka novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah ini layak menjadi referensi. Karena novel ini menggali kisah sederhana menjadi kisah yang sangat menarik untuk dibaca.

    Teks ulasan tersebut termasuk struktur bagian….
    1. + T     edit

      rekomendasi
    2. + F     edit

      orientasi
    3. + F     edit

      analisis
    4. + F     edit

      evaluasi


  • 5. + S 1 5         edit

    Bacalah kutipan teks ulasan buku berikut untuk menjawab soal di bawah!

    Salah satu film yang disutradarai Hanung Bramantyo adalah “Soekarno”. Kekuatan utama dalam film “Soekarno” adalah sejarah yang terperinci dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Film “Soekarno” berbeda dengan film Indonesia lainnya.[….] Riset tersebut mampu memunculkan kepuasan bagi penonton yang melihat film “Soekarno” dari sisi sejarahnya. Selain itu, film ini mampu membuka wawasan masyarakat Indonesia mengenai sisi lain Soekarno sekaligus merupakan pintu gerbang bagi anak-anak dan remaja untuk membaca kembali buku dan teks sejarah lainnya.

    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Film “Soekarno” dibuat sesuai hasil riset cukup mendalam tentang peristiwa yang dialami Soekarno.
    2. + F     edit

      Tidak seperti film Indonesia lainnya, film ini diproduksi tanpa melalui riset mendalam.
    3. + F     edit

      Riset membuktikan bahwa film ini dipastikan akan menyedot perhatian penonton di Indonesia.
    4. + F     edit

      Berdasarkan riset pembuatan film “Soekarno” hanya disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.


  • 6. + S 1 6         edit

    Bacalah kutipan teks ulasan buku berikut untuk menjawab soal di bawah!

    Salah satu film yang disutradarai Hanung Bramantyo adalah “Soekarno”. Kekuatan utama dalam film “Soekarno” adalah sejarah yang terperinci dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Film “Soekarno” berbeda dengan film Indonesia lainnya.[….] Riset tersebut mampu memunculkan kepuasan bagi penonton yang melihat film “Soekarno” dari sisi sejarahnya. Selain itu, film ini mampu membuka wawasan masyarakat Indonesia mengenai sisi lain Soekarno sekaligus merupakan pintu gerbang bagi anak-anak dan remaja untuk membaca kembali buku dan teks sejarah lainnya.

    Kalimat rekomendasi sesuai kutipan teks tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Terlepas dari kekurangan film “Soekarno”, film ini layak untuk ditonton karena ceritanya sangat menginspirasi.
    2. + F     edit

      Oleh karena itu, film “Soekarno” mudah diterima oleh masyarakat karena kebesaran namanya.
    3. + F     edit

      Dengan demikian, film ini mampu menyajikan penokohan yang kuat tentang sosok Soekarno sang Proklamator.
    4. + F     edit

      Oleh karena itu, tayangan film “Soekarno” sangat dinanti-nantikan semua kalangan terutama generasi muda penerus bangsa.


  • 7. + S 1 7         edit

    Bacalah teks ulasan film berikut!

    Dia dikenal lewat karya-karyanya yang menggugah. Tenggelamnya kapal Van der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka’bah, dan Tafsir Al-Azhar adalah sederet karya monumentalnya. Karya itu identik berkisah percintaan yang mendaya-dayu. Kecuali buku serius mirip Al-Azhar yang dikerjakannya dari renungan di bilik terali besi pada era orde lama.

    Teks ulasan tersebut termasuk struktur bagian….
    1. + T     edit

      analisis
    2. + F     edit

      orientasi
    3. + F     edit

      evaluasi
    4. + F     edit

      rekomendasi


  • 8. + S 1 8         edit

    Bacalah teks berikut!

    (1) Ya, seperti kata buku ini: Historia docet! (2) Kita belajar dari sejarah. (3) Memang, bukan tanpa alasan pula karya ini diberi judul Daro Buku ke Buku Sambung-Menyambung Menjadi Satu. (4) Bukan lagi buku per buku yang penting, melainkan perasaan, kesadaran, dan pengertian baru yang lebih kuat tentang kehidupan sejarah yang disumbangkan oleh penulis buku ini.

    Kalimat yang menyatakan penilaian adalah…
    1. + T     edit

      (4)
    2. + F     edit

      (1)
    3. + F     edit

      (2)
    4. + F     edit

      (3)


  • 9. + S 1 9         edit

    Bacalah teks berikut!

    (1) Buku Mengasah Otak Setajam Silet karya Astria Novia, menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan otak. (2) Membaca buku ini tidak membosankan karena uraiannya mudah dipahami. (3) Di samping itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang bagus sehingga banyak diminati pembaca. (4) Sayangnya, tata letak buku ini kurang sistematis.

    Keunggulan buku pada teks ulasan tersebut terdapat dalam kalimat…
    1. + T     edit

      (2) dan (3)
    2. + F     edit

      (1) dan (2)
    3. + F     edit

      (1) dan (3)
    4. + F     edit

      (2) dan (4)


  • 10. + S 1 10         edit

    Bacalah teks ulasan berikut!

    (1) Buku Metode Mengajar Multiple Intelligences karangan Julia Jasmine menjadi panduan praktis bagi para pengajar modern. (2) Isinya lengkap disertai contoh dan gambar. (3) Buku ini mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang komunikatif. (4) Sayangnya, sebagian gambar yang disajikan kurang mendukung tema.

    Konjungsi penyebab dalam teks ulasan tersebut terdapat dalam kalimat nomor…
    1. + T     edit

      (3)
    2. + F     edit

      (4)
    3. + F     edit

      (2)
    4. + F     edit

      (1)


  • 11. + S 1 11         edit

    Bacalah teks persuasi berikut!

    Belajarlah dengan tata cara yang baik, yaitu berdoalah sebelum belajar dengan niat tulus akan belajar sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kamu mulai merasa jenuh, berhentilah sejenak untuk menenangkan otak, bisa dengan nonton tv (minimal 10 menit), berdiri, duduk rileks, berjalan mengelilingi ruangan, atau juga menggerak-gerakkan badan. Setelah itu, belajarlah kembali dengan tenang.

    Ciri teks persuasif yang terdapat pada paragraf tersebut adalah….
    1. + T     edit

      mengajak seseorang untuk belajar dengan tata cara yang baik
    2. + F     edit

      menyampaikan tata cara belajar yang baik.
    3. + F     edit

      menginformasikan kegiatan atau proses belajar
    4. + F     edit

      mendeskripsikan ciri-ciri kegiatan belajar


  • 12. + S 1 12         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    [.…] Perubahan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Sebagai seorang guru, kita bukanlah sumber yang serba tahu. Oleh karena itu, tempatkanlah siswa sebagai subjek dalam pengajaran dan bukan sebagai objek. Ciptakanlah suasana kelas yang nyaman. Tidak boleh ada lagi kekerasan dalam pendidikan. Sekarang ini, dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, kita adalah tenaga profesional yang tentunya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas. Marilah kita tunjukkan bahwa kita adalah tenaga professional yang andal.

    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Hadirin yang saya hormati, dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.
    2. + F     edit

      Hadirin yang saya hormati, kita harus berubah.
    3. + F     edit

      Harapan kita semua, dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.
    4. + F     edit

      Sekali lagi saya katakan bahwa dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.


  • 13. + S 1 13         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    [.…] Perubahan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Sebagai seorang guru, kita bukanlah sumber yang serba tahu. Oleh karena itu, tempatkanlah siswa sebagai subjek dalam pengajaran dan bukan sebagai objek. Ciptakanlah suasana kelas yang nyaman. Tidak boleh ada lagi kekerasan dalam pendidikan. Sekarang ini, dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, kita adalah tenaga profesional yang tentunya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas. Marilah kita tunjukkan bahwa kita adalah tenaga professional yang andal.

    Tujuan yang akan disampaikan dalam teks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Mengajak kepada para guru agar melakukan perubahan menjadi tenaga professional.
    2. + F     edit

      Mengajak kepada para murid agar menciptakan suasana kelas yang nyaman.
    3. + F     edit

      Mengajak para siswa agar menjadikan guru sebagai sumber ilmu.
    4. + F     edit

      Mengajak para guru agar mau menunjukkan tunjangan sertifikasi.


  • 14. + S 1 14         edit

    Bacalah teks berikut!

    (1) Menurut Ir. Ciputra Lukisan Basoeki Abdullah mengandung cinta yang dalam. (2) Goresan-goresannya memberi sentuhan beda dibandingkan dengan pelukis lain yang mempunyai aliran serupa. (3) Lukisannya dikoleksi oleh Soekarno, Bhumibol Adulyadej, objeknya antara lain Ratu Sirikit, Dewi Soekarno, Imelda Marcos. (4) lukisan dengan penggambaran wanita mole begitu menarik.

    Kalimat fakta dalam teks tersebut ditandai dengan nomor….
    1. + T     edit

      (3)
    2. + F     edit

      (1)
    3. + F     edit

      (2)
    4. + F     edit

      (4)


  • 15. + S 1 15         edit

    Bacalah teks berikut!

    (1) Buah dan daun apel ini mengandung saponin dan flavonoida, di samping itu buahnya juga mengandung polifenol. (2) Buah apel juga mengandung vit C, A, senyawa pectin yang merupakan sumber serat alami. (3) Apel berwarna hijau kandungan postasiumnya lebih rendah daripada apel merah . (4) Apel yang baik biasanya kulitnya mulus tanpa noda, tekstur daging berserat tapi lunak dan belum terlalu beraroma.

    Kalimat pendapat dalam teks tersebut ditandai dengan nomor….
    1. + T     edit

      (4)
    2. + F     edit

      (1)
    3. + F     edit

      (2)
    4. + F     edit

      (3)


  • 16. + S 1 16         edit

    Bacalah teks berikut!

    Jika kita telusuri, hampir sepanjang pantai utara Kota Jakarta sudah dikuasai dan dikapling-kapling oleh pihak swasta. Hampir semua kawasan tersebut dikembangkan sebagai kawasan taman rekreasi dan perumahan mewah. Dapat dipastikan tidak semua warga kota dapat masuk ke kawasan mereka. Hanya orang-orang yang mampu membeli karcis masuk atau orang yang membeli rumah/kapling di sana.

    Kesimpulan teks persuasi tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Karena hampir semua pantai di Jakarta dikuasai swasta, kawasan-kawasan itu tidak dapat dinikmati warga secara gratis.
    2. + F     edit

      Warga Jakarta harus mengambil alih pantai utara.
    3. + F     edit

      Karcis merupakan surat bukti untuk memasuki pantai-pantai utara di Kota Jakarta.
    4. + F     edit

      Tidak semua warga Jakarta bisa menikmati pantai di Kota Jakarta apabila mereka belum menguasai wilayah itu.


  • 17. + S 1 17         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    (1) Membaca merupakan aktivitas yang banyak manfaatnya. (2) Dengan membaca, ilmu serta wawasan kita akan semakin luas. (3) Aktivitas itu menjadikan kita tidak akan tertinggal oleh kemajuan zaman. (4) Membaca buku juga memiliki manfaat menjadikan otak lebih fresh dan tidak tegang. (5) Oleh sebab itu, marilah menciptakan budaya membaca sebab membaca dapat memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.

    Rangkaian argumen pada teks persuasi tersebut ditandai dengan nomor…
    1. + T     edit

      (2), (3), (4)
    2. + F     edit

      (1), (2), (3)
    3. + F     edit

      (3), (4), (5)
    4. + F     edit

      (1), (4), (5)


  • 18. + S 1 18         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    (1) Membaca merupakan aktivitas yang banyak manfaatnya. (2) Dengan membaca, ilmu serta wawasan kita akan semakin luas. (3) Aktivitas itu menjadikan kita tidak akan tertinggal oleh kemajuan zaman. (4) Membaca buku juga memiliki manfaat menjadikan otak lebih fresh dan tidak tegang. (5) Oleh sebab itu, marilah menciptakan budaya membaca sebab membaca dapat memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.

    Konjungsi antarkalimat yang berfungsi memberikan penegasan adalah kalimat nomor...
    1. + T     edit

      (5)
    2. + F     edit

      (2)
    3. + F     edit

      (3)
    4. + F     edit

      (4)


  • 19. + S 1 19         edit

    Bacalah teks berikut!

    Sebelum menyampaikan bujukanya, penulis menyampaikan sejumlah fakta yang bisa meyakinkan pembaca. Fakta itu memang harus terpilih, yakni berupa sesuatu yang sudah dikenal sekaligus memberikan efek […] bagi pembaca, yang mungkin berupa rasa takut, marah, kecewa, dan seterusnya.

    Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah …
    1. + T     edit

      psikologis
    2. + F     edit

      biologis
    3. + F     edit

      religius
    4. + F     edit

      sosiologis


  • 20. + S 1 20         edit

    Bacalah kalimat berikut!

    Kebodohan dan kemiskinan harus kita atasi […] hal tersebut tidak menghambat kemajuan dan kesuksesan sekolah kita.

    Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
    1. + T     edit

      agar
    2. + F     edit

      sampai
    3. + F     edit

      karena
    4. + F     edit

      tetapi


  • 21. + S 1 21         edit

    Bacalah teks drama berikut!

    Wawan : Dik, sudah beres masalahmu dengan Diman?
    Sidik : Ah, bodo amat, Wan. Dia memang harus dihabisin.
    Wawan : Lho, gimana sih? Bicaralah baik-baik denganya. Dia temen kita juga kan?
    Sidik : Maunya sih gitu. Tetapi kayaknya dia keras kepala.
    Wawan : Ah, nggak, asal kamu memahi karakter dia.
    Sidik : Pokoknya, dia harus saya tegasi. Apapun yang akan terjadi saya sudah siap!
    Wawan : Jangan begitu, Dik. Kita harus nyaman dan damai bersama kawan. Bukankah kita ini tahun depan harus Ujian Nasional, penentu masa depan kita?
    Sidik : Seet, Bu Anik datang, ayo masuk kelas. Sebentar lagi.

    Latar kutipan teks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      siang hari di depan kelas
    2. + F     edit

      sore hari di dalam kelas
    3. + F     edit

      di depan kelas pada saat pulang sekolah
    4. + F     edit

      dalam kelas dan saat pelajaran


  • 22. + S 1 22         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    (1) Bahar : Ya, dengan rasa bangga dan dengan hati yang kangen. Bahkan, sebelum menghembuskan napas terakhir beliau sempat memanggil namamu.
    (2) Ahmad : Har, aku menyesal tidak berada di sisi beliau saat itu.
    (3) Bahar : Sudahlah!
    (4) Ahmad : Aku merasa seperti orang durhaka.
    (5) Bahar : Ah, itu mengada-ngada. Tidak ada pernyataan seperti itu.
    (6) Ahmad : Ya, Allah! Kuatkan diriku.
    (7) Bahar : Sudahlah! Mari kita salat bersama

    Bukti watak tokoh Bahar seorang yang religius terdapat pada dialog bernomor…
    1. + T     edit

      (7)
    2. + F     edit

      (1)
    3. + F     edit

      (3)
    4. + F     edit

      (5)


  • 23. + S 1 23         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    (1) Bahar : Ya, dengan rasa bangga dan dengan hati yang kangen. Bahkan, sebelum menghembuskan napas terakhir beliau sempat memanggil namamu.
    (2) Ahmad : Har, aku menyesal tidak berada di sisi beliau saat itu.
    (3) Bahar : Sudahlah!
    (4) Ahmad : Aku merasa seperti orang durhaka.
    (5) Bahar : Ah, itu mengada-ngada. Tidak ada pernyataan seperti itu.
    (6) Ahmad : Ya, Allah! Kuatkan diriku.
    (7) Bahar : Sudahlah! Mari kita salat bersama


    Watak Ahmad dalam naskah drama tersebut adalah…
    1. + T     edit

      penyayang
    2. + F     edit

      sombong
    3. + F     edit

      pengecut
    4. + F     edit

      penyabar


  • 24. + S 1 24         edit

    Bacalah teks berikut!

    Nani : “Tenang, Siwi. Tidak ada apa-apa!”
    Siwi : “Enak saja! Senang ya dapat membuat orang lain menangis?”
    Nani : “Siwi, apakah setiap tangis itu duka?”
    Siwi : “Tetapi, dia jelas tampak menderita.”
    Inu : “Tampak menderita tidak sama dengan nyata-nyata menderita, kan?”
    Siwi : “Ah, dasar kalian sama saja.”

    Suasana yang tergambar dalam teks drama tersebut adalah…
    1. + T     edit

      jengkel
    2. + F     edit

      takut
    3. + F     edit

      khawatir
    4. + F     edit

      cemas


  • 25. + S 1 25         edit

    Bacalah kutipan teks drama berikut!

    Semuanya mematung. Diujung panggung sebelah kanan tampak seorang siswi SMA memakai seragamnya sambil menggendong ransel dan membawa tempat makan serta tempat minum berwarna merah muda sedang tersenyum menatap narator. Gadis itu tidak berkata apapun, wajahnya pucat dan pasi. Matanya merah dan sedikit berair seperti baru selesai mengangis. Musik tegang berbunyi, lalu suara lagu jawa berputar lirih seiring dengan lampu yang berkelap-kelip dan berlahan meredup. Lampu mati dan tirai tertutup.

    Bagian teks tersebut merupakan.…
    1. + T     edit

      epilog
    2. + F     edit

      prolog
    3. + F     edit

      dialog
    4. + F     edit

      resolusi


  • 26. + S 1 26         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    Toni : […] (memandang langit-langit dengan tatapan mata kosong)
    Rita : “Ya, kamu benar. Aku sudah bicara padanya, tapi dia tak mau mendengarkanku.”
    Toni : “Kalau kau mau, aku bisa membantumu. Nanti aku akan ke rumahnya untuk menjelaskan secara baik-baik.”
    Rita : “Terimakasih ya, kau memang benar-benar sahabatku!”
    Toni : “Ya, semoga persahabatan kita bertiga bisa kembali seperti dulu.”

    Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Sinta kelihatan masih marah padaku.
    2. + F     edit

      Hari ini indah, ya?
    3. + F     edit

      Baru-baru ini Sinta terlihat agak aneh.
    4. + F     edit

      Pak guru kemarin katanya mau bicara denganmu.


  • 27. + S 1 27         edit

    Bacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    Toni : […] (memandang langit-langit dengan tatapan mata kosong)
    Rita : “Ya, kamu benar. Aku sudah bicara padanya, tapi dia tak mau mendengarkanku.”
    Toni : “Kalau kau mau, aku bisa membantumu. Nanti aku akan ke rumahnya untuk menjelaskan secara baik-baik.”
    Rita : “Terimakasih ya, kau memang benar-benar sahabatku!”
    Toni : “Ya, semoga persahabatan kita bertiga bisa kembali seperti dulu.”

    Perbaikan petunjuk lakuan sesuai kutipan drama tersebut adalah….
    1. + T     edit

      Duduk di samping Rita
    2. + F     edit

      Berkacak pinggang dengan tatapan mata garang
    3. + F     edit

      Berjalan menjauhi Ratna dengan membuang muka
    4. + F     edit

      Berjalan mondar-mandir sambil memegangi kepala


  • 28. + S 1 28         edit

    Bacalah kutipan naskah drama berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    1) Garin : “Jangan memancing emosiku! Siapa yang menyembunyikan bukuku? Siapa? (berkacak pinggang)
    2) Gilang : “Sabar, Mengapa kamu sewot? (…)
    3) Garin : “Lho ini menyangkut harga diri, Kawan”
    4) Banu : “Emang dirimu mau dihargai berapa? (…)
    5) Garin : “(menunjuk-nunjuk Banu) ”Ooo, rupanya kamu biangnya.
    6) Banu : “Jangan asal, nuduh, ya! Aku laporkan sama Bu Mila tahu rasa kamu!”
    7) Gilang : “(memukul-mukul meja) “Ehhhh… Sudah-sudah. Kenapa jadi ribut sih?”

    Penyebab konflik kutipan drama tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Garin menuduh Banu menyembunyikan bukunya.
    2. + F     edit

      Gilang marah karena kedua temannya ribut.
    3. + F     edit

      Banu akan melaporkan Garin kepada Bu Mila.
    4. + F     edit

      Garin merasa ada yang menyembunyikan bukunya.


  • 29. + S 1 29         edit

    Bacalah kutipan naskah drama berikut kemudian jawablah soal di bawah!

    1) Garin : “Jangan memancing emosiku! Siapa yang menyembunyikan bukuku? Siapa? (berkacak pinggang)
    2) Gilang : “Sabar, Mengapa kamu sewot? (…)
    3) Garin : “Lho ini menyangkut harga diri, Kawan”
    4) Banu : “Emang dirimu mau dihargai berapa? (…)
    5) Garin : “(menunjuk-nunjuk Banu) ”Ooo, rupanya kamu biangnya.
    6) Banu : “Jangan asal, nuduh, ya! Aku laporkan sama Bu Mila tahu rasa kamu!”
    7) Gilang : “(memukul-mukul meja) “Ehhhh… Sudah-sudah. Kenapa jadi ribut sih?”

    Petunjuk lakuan yang tepat untuk dialog nomor (2) dan (4) adalah…
    1. + T     edit

      (2) menepuk-nepuk punggung Garin, (4) tersenyum sinis
    2. + F     edit

      (2) mondar-mandir, (4) membentak
    3. + F     edit

      (2) gemetar, (4) tertawa terbahak-bahak
    4. + F     edit

      (2) menggeleng-gelengkan kepala


  • 30. + S 1 30         edit

    Bacalah teks drama berikut!

    Marni : (bersimpuh di pusara ibunya). Maafkan aku Bu, aku tidak berada di saat ibu mengharap kehadiranku.
    Bondan : Sudahlah, tidak usah desesali (sambil memandangi wajah adaiknya)
    Marni : Macet di Nagrek, Mas! (mengusap air mata)
    Bondan : Tidak lewat Cirebon, to?
    Marni : Jalur Pantura lebih macet, Mas!
    Bondan : Berdoalah untuk ibu. Sesudah itu istirahatlah di rumah. Kamu pasti capek. (mengambil daun kamboja yang jatuh mengenai mukena adiknya)

    Konflik kutipan drama tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Marni menyesal tidak dapat berada disamping ibunya saat akhir hidupnya.
    2. + F     edit

      Marni menyesal tidak pulang lewat jalur Pantura.
    3. + F     edit

      Marni tidak dapat menemani Bondan di rumah sakit.
    4. + F     edit

      Perbedaan keputusan antara Marni dan Bondan dalam mengambil jalur bus.


  • 31. + S 1 31         edit

    Bacalah kalimat berikut!

    Bamabas mengatakan bahwa ia akan segera membagikan buku puisi yang ditulis dengan Mirela.

    Kalimat langsung yang tepat adalah…
    1. + T     edit

      “Aku akan segera membagikan buku puisi yang kutulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
    2. + F     edit

      “Ia akan segera menbagikan buku puisi yang ditulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
    3. + F     edit

      “Aku akan segera menbagikan buku puisi yang diutulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
    4. + F     edit

      “Dia akan segera menbagikan buku puisi yang kutulis dengan Mirela,” kata Barnabas.


  • 32. + S 1 32         edit

    Bacalah kutipan teks berikut!

    Suatu hari ketika putri tertua dan termuda berada di mata air ini, datanglah seorang wanita tua yang kelihatan sangat miskin, memintanya untuk mengambilkan dirinya air minum. “Oh! Ya, dengan senang hati,” kata putri termuda yang tidak tega melihat kondisi wanita tua itu. Ia segera mengambil kendinya, mengambil air di tempat yang paling jernih di mata iar tersebut, dan memberikan kepada wanita itu. Ia pun membantu memegang kendi agar wanita tua itu dapat minum dengan mudah. Sementara putri tertua hanya memandang dengan rasa tidak suka dan enggan untuk menolong wanita tua itu.

    Ungkapan untuk menggambarkan watak tokoh putri tertua adalah…
    1. + T     edit

      Berat hati
    2. + F     edit

      Tebal hati
    3. + F     edit

      Lurus hati
    4. + F     edit

      Besar hati


  • 33. + S 1 33         edit

    Bacalah kutipan teks berikut!

    Suatu hari ketika putri tertua dan termuda berada di mata air ini, datanglah seorang wanita tua yang kelihatan sangat miskin, memintanya untuk mengambilkan dirinya air minum. “Oh! Ya, dengan senang hati,” kata putri termuda yang tidak tega melihat kondisi wanita tua itu. Ia segera mengambil kendinya, mengambil air di tempat yang paling jernih di mata iar tersebut, dan memberikan kepada wanita itu. Ia pun membantu memegang kendi agar wanita tua itu dapat minum dengan mudah. Sementara putri tertua hanya memandang dengan rasa tidak suka dan enggan untuk menolong wanita tua itu.

    Amanat kutipan cerita tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Jadilah orang yang peduli terhadap orang lain.
    2. + F     edit

      Tetap semangat jangan pantang menyerah.
    3. + F     edit

      Tabahlah dalam menghadapi cobaan.
    4. + F     edit

      Jangan suka meminta-minta.


  • 34. + S 1 34         edit

    Bacalah daftar indeks berikut!

    Hipertensi, 79-80, 82, 94
    Infeksi, 22, 56, 115, 126
    Kolesterol, 90-94
    Natrium, 77-83
    Nefron, 129, 131

    Pernyataan sesuai indeks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Kata natrium dan hipertensi dapat ditemukan di halaman 79, 80, dan 82.
    2. + F     edit

      Indeks topik infeksi terdapat pada halaman 22 sampai dengan 126.
    3. + F     edit

      Nefron merupakan perincian indeks topik berada di halaman 129 dan 13.
    4. + F     edit

      Kolesterol merupakan perincian indeks topik dari infeksi berada di halaman 90-94.


  • 35. + S 1 35         edit

    Teks yang termasuk karya fiksi adalah….
    1. + T     edit

      Buntalan sarung berisi kain putih dan topeng plastik dangan mata merah menyala ia ikat rapat-rapat di pinggang. Dengan hati-hati, ia menuruni dahan demi dahan trembesi. Rembulan belum sepenuhnya memucat kala masjid desa mengumandangkan panggilan tahajud. Mbah Mukti berjalan setengah berlari. Ia harus sampai rumah sebelum seorang pun melihatnya berada di pematang tengah sawah.
    2. + F     edit

      Orang-orang yang masih menjunjung tinggi nilai budaya jawa menganggap seorang suami sebagai orang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi dibandingkan seorang istri. Demikian pula seorang kakak dianggap berkedudukan lebih tinggi dibandingkan seorang adik. Oleh karena itu, seorang istri atau adik akan bersikap santun dalam bertutur kepada suami atau kakak.
    3. + F     edit

      Ratusan pelajar kelas X SMA Labschool Rawamangun antuisias dalam mencoba cara aman memasang tabung LPG. Pertamina MOR III menggelar sosialisasi cara aman menggunakan LPG kepada pelajar peserta trip observasi SMA Labschool Rawamangun
    4. + F     edit

      Dengan menguasai kalimat bahasa Indonesia maka peserta didik akan lancar dalam berkomunikasi. Dengan kalimat yang baik, runtut, peserta didik akan mudah menyampaikan informasi dan menangkap informasi dari orang lain, msial saja di dalam kehidupan sehari-hari kita bergaul dengan anggota keluarga, teman, dan masyarakat di lingkungan kita yang dikenal hidup rukun.


  • 36. + S 1 36         edit

    Bacalah daftar indeks berikut!

    Ilustrasi, 32
    Istilah, 34, 45, 56, 67
    Iklan, 56, 90, 91
    Konflik, 324, 345, 360
    Konotasi, 3, 5

    Pernyataan sesuai indeks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Kata yang dapat dijumpai pada halaman yang sama adalah iklan dan istilah.
    2. + F     edit

      Informasi tentang iklan terdapat pada halaman 56 sampai dengan 91.
    3. + F     edit

      Informasi tentang konotasi dijumpai antara halaman 3 dengan 5.
    4. + F     edit

      Daftar indeks tersebut disusun secara urut abjad.


  • 37. + S 1 37         edit

    Bacalah daftar indeks berikut!

    1) Fermentasi, 7, 23, 40
    2) Formalin, 37
    3) Fungi, 45, 47
    4) Fungsi, 35-38

    Istilah yang paling banyak digunakan dalam buku ditandai dengan nomor….
    1. + T     edit

      4
    2. + F     edit

      1
    3. + F     edit

      2
    4. + F     edit

      3


  • 38. + S 1 38         edit

    Bacalah kutipan buku fiksi berikut!

    Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari Sang Singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang sukarela menjadi mangsanya. Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada singa yang ganas itu.
    “Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata Si Kelinci.
    Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
    “Ya Sang Raja, dia ada di dalam sumur itu.” Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci, Sang Singa ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

    Hal menarik dari kutipan buku fiksi tersebut adalah….
    1. + T     edit

      strategi menyelesaikan masalah
    2. + F     edit

      penggunaan makna kias
    3. + F     edit

      cara mendeskripsikan latar
    4. + F     edit

      teknik pelukisan watak tokoh


  • 39. + S 1 39         edit

    Bacalah kutipan teks fiksi berikut!

    Pairin mulai berubah tabiatnya setelah menjadi tangan kanan Ki Menggolo. Kini ia menjadi tinggi hati. Bahkan, ia keras kepala jika ditegur oleh para tetua kampung karena kesalahannya. Ia merasa paling hebat di kampungya. Pairin tak menyadari bahwa di atas langit masih ada langit.

    Makna ungkapan tinggi hati pada teks tersebut adalah.…
    1. + T     edit

      sombong
    2. + F     edit

      keinginannya banyak
    3. + F     edit

      cita-citanya tinggi
    4. + F     edit

      pandai


  • 40. + S 1 40         edit

    Bacalah kutipan teks fiksi berikut!

    Di suatu taman indah, bunga-bunga yang tengah mekar memancarkan keharumannya. Angin yang bertiup sepoi-sepoi, membelai lembut aneka bunga itu. Di antara dedaunan, hiduplah seekor laba-laba yang begitu lihai merajut jaringnya dengan indah. Tidak hanya itu, laba-laba bernama Baba itu juga membuat jaringnya menjadi berlapis-lapis. Karena kemampuannya tersebut, banyak laba-laba lain yang mendecak kagum dengan hasil karyanya.

    Tanggapan terhadap penggunaan bahasa kutipan teks tersebut adalah…
    1. + T     edit

      Teks tersebut banyak ditemukan gaya bahasa sehingga terasa indah.
    2. + F     edit

      Teks tersebut banyak menggunakan gaya bahasa sehingga sulit dipahami.
    3. + F     edit

      Teks tersebut menggunakan bahasa yang berbelit-belit.
    4. + F     edit

      Teks tersebut menggunakan bahasa yang kaku.

Posting Komentar

0 Komentar