soal: 40 = + 40 S
- 1. + S 1 1 editBacalah dengan cermat data berikut!
Judul Teater Paripurna : Lutung Kasarung
Karya/Sutradara : Bambang Arayana Sambas
Waktu dan Tgl Pementasan : Pukul 21.00-24.00 WIB, Jumat 18 Oktober 2021
Tempat Pementasan : Gedung Kesenian Sunan Ambu STSI Bandung
Pimpinan Produksi : I Nengah Maja B.A
Penanggung Jawab : Dra. Wiwi Siti Zawiyah
Asal Pemain : SMK Negeri 10 Bandung
Data tersebut termasuk identitas untuk teks ulasan… - 2. + S 1 2 editBacalah identitas berikut!
(1) Judul Buku : Aku Bisa Menulis
(2) Pengarang : Didik Komaidi
(3) Sutradara : Aria Kusumadewa
(4) Penerbit : Sabda Media
(5) Skenario : Nana J. Mulyana
(6) Tahun Terbit : 2007
(7) Produksi : PT Sinemata
(8) Produser : Aria Kusumadewa, Nurul Arifin
Identitas yang berkaitan dengan buku adalah nomor…- + T edit(1), (2), (4), (6)
- + F edit(1), (3), (4), (5)
- + F edit(3), (5), (7), (8)
- + F edit(1), (3), (5), (7)
- + T edit
- 3. + S 1 3 editBacalah teks ulasan film berikut!
Teater ini sangat menarik. Teater yang diperankan oleh beberapa orang ini bisa dikatakan sukses dan menampilkan yang terbaik. Dari segi keaktoran, hampir sebagian besar pemeran memerankan dengan menerapkan teknik keaktoran, terlihat dari ekspresi, gesture, vokal, dan artikulasi yang baik dalam berdialog. Setiap pemain mampu memerankan dan menghayati sesuai dengan perannya. Waktu pementasan juga tidak terlalu lama.
Teks ulasan tersebut termasuk struktur bagian…. - 4. + S 1 4 editBacalah teks ulasan novel berikut!
Nah jika selama ini kita merasa sudah jenuh dengan cerita-cerita cinta yang begitu rumit, bertele-tele tapi tak banyak mengaduk-aduk emosi, maka novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah ini layak menjadi referensi. Karena novel ini menggali kisah sederhana menjadi kisah yang sangat menarik untuk dibaca.
Teks ulasan tersebut termasuk struktur bagian…. - 5. + S 1 5 editBacalah kutipan teks ulasan buku berikut untuk menjawab soal di bawah!
Salah satu film yang disutradarai Hanung Bramantyo adalah “Soekarno”. Kekuatan utama dalam film “Soekarno” adalah sejarah yang terperinci dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Film “Soekarno” berbeda dengan film Indonesia lainnya.[….] Riset tersebut mampu memunculkan kepuasan bagi penonton yang melihat film “Soekarno” dari sisi sejarahnya. Selain itu, film ini mampu membuka wawasan masyarakat Indonesia mengenai sisi lain Soekarno sekaligus merupakan pintu gerbang bagi anak-anak dan remaja untuk membaca kembali buku dan teks sejarah lainnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah …- + T editFilm “Soekarno” dibuat sesuai hasil riset cukup mendalam tentang peristiwa yang dialami Soekarno.
- + F editTidak seperti film Indonesia lainnya, film ini diproduksi tanpa melalui riset mendalam.
- + F editRiset membuktikan bahwa film ini dipastikan akan menyedot perhatian penonton di Indonesia.
- + F editBerdasarkan riset pembuatan film “Soekarno” hanya disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.
- + T edit
- 6. + S 1 6 editBacalah kutipan teks ulasan buku berikut untuk menjawab soal di bawah!
Salah satu film yang disutradarai Hanung Bramantyo adalah “Soekarno”. Kekuatan utama dalam film “Soekarno” adalah sejarah yang terperinci dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Film “Soekarno” berbeda dengan film Indonesia lainnya.[….] Riset tersebut mampu memunculkan kepuasan bagi penonton yang melihat film “Soekarno” dari sisi sejarahnya. Selain itu, film ini mampu membuka wawasan masyarakat Indonesia mengenai sisi lain Soekarno sekaligus merupakan pintu gerbang bagi anak-anak dan remaja untuk membaca kembali buku dan teks sejarah lainnya.
Kalimat rekomendasi sesuai kutipan teks tersebut adalah …- + T editTerlepas dari kekurangan film “Soekarno”, film ini layak untuk ditonton karena ceritanya sangat menginspirasi.
- + F editOleh karena itu, film “Soekarno” mudah diterima oleh masyarakat karena kebesaran namanya.
- + F editDengan demikian, film ini mampu menyajikan penokohan yang kuat tentang sosok Soekarno sang Proklamator.
- + F editOleh karena itu, tayangan film “Soekarno” sangat dinanti-nantikan semua kalangan terutama generasi muda penerus bangsa.
- + T edit
- 7. + S 1 7 editBacalah teks ulasan film berikut!
Dia dikenal lewat karya-karyanya yang menggugah. Tenggelamnya kapal Van der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka’bah, dan Tafsir Al-Azhar adalah sederet karya monumentalnya. Karya itu identik berkisah percintaan yang mendaya-dayu. Kecuali buku serius mirip Al-Azhar yang dikerjakannya dari renungan di bilik terali besi pada era orde lama.
Teks ulasan tersebut termasuk struktur bagian…. - 8. + S 1 8 editBacalah teks berikut!
(1) Ya, seperti kata buku ini: Historia docet! (2) Kita belajar dari sejarah. (3) Memang, bukan tanpa alasan pula karya ini diberi judul Daro Buku ke Buku Sambung-Menyambung Menjadi Satu. (4) Bukan lagi buku per buku yang penting, melainkan perasaan, kesadaran, dan pengertian baru yang lebih kuat tentang kehidupan sejarah yang disumbangkan oleh penulis buku ini.
Kalimat yang menyatakan penilaian adalah… - 9. + S 1 9 editBacalah teks berikut!
(1) Buku Mengasah Otak Setajam Silet karya Astria Novia, menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan otak. (2) Membaca buku ini tidak membosankan karena uraiannya mudah dipahami. (3) Di samping itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang bagus sehingga banyak diminati pembaca. (4) Sayangnya, tata letak buku ini kurang sistematis.
Keunggulan buku pada teks ulasan tersebut terdapat dalam kalimat… - 10. + S 1 10 editBacalah teks ulasan berikut!
(1) Buku Metode Mengajar Multiple Intelligences karangan Julia Jasmine menjadi panduan praktis bagi para pengajar modern. (2) Isinya lengkap disertai contoh dan gambar. (3) Buku ini mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang komunikatif. (4) Sayangnya, sebagian gambar yang disajikan kurang mendukung tema.
Konjungsi penyebab dalam teks ulasan tersebut terdapat dalam kalimat nomor… - 11. + S 1 11 editBacalah teks persuasi berikut!
Belajarlah dengan tata cara yang baik, yaitu berdoalah sebelum belajar dengan niat tulus akan belajar sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kamu mulai merasa jenuh, berhentilah sejenak untuk menenangkan otak, bisa dengan nonton tv (minimal 10 menit), berdiri, duduk rileks, berjalan mengelilingi ruangan, atau juga menggerak-gerakkan badan. Setelah itu, belajarlah kembali dengan tenang.
Ciri teks persuasif yang terdapat pada paragraf tersebut adalah….- + T editmengajak seseorang untuk belajar dengan tata cara yang baik
- + F editmenyampaikan tata cara belajar yang baik.
- + F editmenginformasikan kegiatan atau proses belajar
- + F editmendeskripsikan ciri-ciri kegiatan belajar
- + T edit
- 12. + S 1 12 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
[.…] Perubahan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Sebagai seorang guru, kita bukanlah sumber yang serba tahu. Oleh karena itu, tempatkanlah siswa sebagai subjek dalam pengajaran dan bukan sebagai objek. Ciptakanlah suasana kelas yang nyaman. Tidak boleh ada lagi kekerasan dalam pendidikan. Sekarang ini, dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, kita adalah tenaga profesional yang tentunya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas. Marilah kita tunjukkan bahwa kita adalah tenaga professional yang andal.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…- + T editHadirin yang saya hormati, dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.
- + F editHadirin yang saya hormati, kita harus berubah.
- + F editHarapan kita semua, dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.
- + F editSekali lagi saya katakan bahwa dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.
- + T edit
- 13. + S 1 13 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
[.…] Perubahan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Sebagai seorang guru, kita bukanlah sumber yang serba tahu. Oleh karena itu, tempatkanlah siswa sebagai subjek dalam pengajaran dan bukan sebagai objek. Ciptakanlah suasana kelas yang nyaman. Tidak boleh ada lagi kekerasan dalam pendidikan. Sekarang ini, dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, kita adalah tenaga profesional yang tentunya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas. Marilah kita tunjukkan bahwa kita adalah tenaga professional yang andal.
Tujuan yang akan disampaikan dalam teks tersebut adalah…- + T editMengajak kepada para guru agar melakukan perubahan menjadi tenaga professional.
- + F editMengajak kepada para murid agar menciptakan suasana kelas yang nyaman.
- + F editMengajak para siswa agar menjadikan guru sebagai sumber ilmu.
- + F editMengajak para guru agar mau menunjukkan tunjangan sertifikasi.
- + T edit
- 14. + S 1 14 editBacalah teks berikut!
(1) Menurut Ir. Ciputra Lukisan Basoeki Abdullah mengandung cinta yang dalam. (2) Goresan-goresannya memberi sentuhan beda dibandingkan dengan pelukis lain yang mempunyai aliran serupa. (3) Lukisannya dikoleksi oleh Soekarno, Bhumibol Adulyadej, objeknya antara lain Ratu Sirikit, Dewi Soekarno, Imelda Marcos. (4) lukisan dengan penggambaran wanita mole begitu menarik.
Kalimat fakta dalam teks tersebut ditandai dengan nomor…. - 15. + S 1 15 editBacalah teks berikut!
(1) Buah dan daun apel ini mengandung saponin dan flavonoida, di samping itu buahnya juga mengandung polifenol. (2) Buah apel juga mengandung vit C, A, senyawa pectin yang merupakan sumber serat alami. (3) Apel berwarna hijau kandungan postasiumnya lebih rendah daripada apel merah . (4) Apel yang baik biasanya kulitnya mulus tanpa noda, tekstur daging berserat tapi lunak dan belum terlalu beraroma.
Kalimat pendapat dalam teks tersebut ditandai dengan nomor…. - 16. + S 1 16 editBacalah teks berikut!
Jika kita telusuri, hampir sepanjang pantai utara Kota Jakarta sudah dikuasai dan dikapling-kapling oleh pihak swasta. Hampir semua kawasan tersebut dikembangkan sebagai kawasan taman rekreasi dan perumahan mewah. Dapat dipastikan tidak semua warga kota dapat masuk ke kawasan mereka. Hanya orang-orang yang mampu membeli karcis masuk atau orang yang membeli rumah/kapling di sana.
Kesimpulan teks persuasi tersebut adalah…- + T editKarena hampir semua pantai di Jakarta dikuasai swasta, kawasan-kawasan itu tidak dapat dinikmati warga secara gratis.
- + F editWarga Jakarta harus mengambil alih pantai utara.
- + F editKarcis merupakan surat bukti untuk memasuki pantai-pantai utara di Kota Jakarta.
- + F editTidak semua warga Jakarta bisa menikmati pantai di Kota Jakarta apabila mereka belum menguasai wilayah itu.
- + T edit
- 17. + S 1 17 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
(1) Membaca merupakan aktivitas yang banyak manfaatnya. (2) Dengan membaca, ilmu serta wawasan kita akan semakin luas. (3) Aktivitas itu menjadikan kita tidak akan tertinggal oleh kemajuan zaman. (4) Membaca buku juga memiliki manfaat menjadikan otak lebih fresh dan tidak tegang. (5) Oleh sebab itu, marilah menciptakan budaya membaca sebab membaca dapat memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.
Rangkaian argumen pada teks persuasi tersebut ditandai dengan nomor… - 18. + S 1 18 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
(1) Membaca merupakan aktivitas yang banyak manfaatnya. (2) Dengan membaca, ilmu serta wawasan kita akan semakin luas. (3) Aktivitas itu menjadikan kita tidak akan tertinggal oleh kemajuan zaman. (4) Membaca buku juga memiliki manfaat menjadikan otak lebih fresh dan tidak tegang. (5) Oleh sebab itu, marilah menciptakan budaya membaca sebab membaca dapat memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.
Konjungsi antarkalimat yang berfungsi memberikan penegasan adalah kalimat nomor... - 19. + S 1 19 editBacalah teks berikut!
Sebelum menyampaikan bujukanya, penulis menyampaikan sejumlah fakta yang bisa meyakinkan pembaca. Fakta itu memang harus terpilih, yakni berupa sesuatu yang sudah dikenal sekaligus memberikan efek […] bagi pembaca, yang mungkin berupa rasa takut, marah, kecewa, dan seterusnya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah … - 20. + S 1 20 editBacalah kalimat berikut!
Kebodohan dan kemiskinan harus kita atasi […] hal tersebut tidak menghambat kemajuan dan kesuksesan sekolah kita.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah… - 21. + S 1 21 editBacalah teks drama berikut!
Wawan : Dik, sudah beres masalahmu dengan Diman?
Sidik : Ah, bodo amat, Wan. Dia memang harus dihabisin.
Wawan : Lho, gimana sih? Bicaralah baik-baik denganya. Dia temen kita juga kan?
Sidik : Maunya sih gitu. Tetapi kayaknya dia keras kepala.
Wawan : Ah, nggak, asal kamu memahi karakter dia.
Sidik : Pokoknya, dia harus saya tegasi. Apapun yang akan terjadi saya sudah siap!
Wawan : Jangan begitu, Dik. Kita harus nyaman dan damai bersama kawan. Bukankah kita ini tahun depan harus Ujian Nasional, penentu masa depan kita?
Sidik : Seet, Bu Anik datang, ayo masuk kelas. Sebentar lagi.
Latar kutipan teks tersebut adalah…- + T editsiang hari di depan kelas
- + F editsore hari di dalam kelas
- + F editdi depan kelas pada saat pulang sekolah
- + F editdalam kelas dan saat pelajaran
- + T edit
- 22. + S 1 22 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
(1) Bahar : Ya, dengan rasa bangga dan dengan hati yang kangen. Bahkan, sebelum menghembuskan napas terakhir beliau sempat memanggil namamu.
(2) Ahmad : Har, aku menyesal tidak berada di sisi beliau saat itu.
(3) Bahar : Sudahlah!
(4) Ahmad : Aku merasa seperti orang durhaka.
(5) Bahar : Ah, itu mengada-ngada. Tidak ada pernyataan seperti itu.
(6) Ahmad : Ya, Allah! Kuatkan diriku.
(7) Bahar : Sudahlah! Mari kita salat bersama
Bukti watak tokoh Bahar seorang yang religius terdapat pada dialog bernomor… - 23. + S 1 23 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
(1) Bahar : Ya, dengan rasa bangga dan dengan hati yang kangen. Bahkan, sebelum menghembuskan napas terakhir beliau sempat memanggil namamu.
(2) Ahmad : Har, aku menyesal tidak berada di sisi beliau saat itu.
(3) Bahar : Sudahlah!
(4) Ahmad : Aku merasa seperti orang durhaka.
(5) Bahar : Ah, itu mengada-ngada. Tidak ada pernyataan seperti itu.
(6) Ahmad : Ya, Allah! Kuatkan diriku.
(7) Bahar : Sudahlah! Mari kita salat bersama
Watak Ahmad dalam naskah drama tersebut adalah… - 24. + S 1 24 editBacalah teks berikut!
Nani : “Tenang, Siwi. Tidak ada apa-apa!”
Siwi : “Enak saja! Senang ya dapat membuat orang lain menangis?”
Nani : “Siwi, apakah setiap tangis itu duka?”
Siwi : “Tetapi, dia jelas tampak menderita.”
Inu : “Tampak menderita tidak sama dengan nyata-nyata menderita, kan?”
Siwi : “Ah, dasar kalian sama saja.”
Suasana yang tergambar dalam teks drama tersebut adalah… - 25. + S 1 25 editBacalah kutipan teks drama berikut!
Semuanya mematung. Diujung panggung sebelah kanan tampak seorang siswi SMA memakai seragamnya sambil menggendong ransel dan membawa tempat makan serta tempat minum berwarna merah muda sedang tersenyum menatap narator. Gadis itu tidak berkata apapun, wajahnya pucat dan pasi. Matanya merah dan sedikit berair seperti baru selesai mengangis. Musik tegang berbunyi, lalu suara lagu jawa berputar lirih seiring dengan lampu yang berkelap-kelip dan berlahan meredup. Lampu mati dan tirai tertutup.
Bagian teks tersebut merupakan.… - 26. + S 1 26 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
Toni : […] (memandang langit-langit dengan tatapan mata kosong)
Rita : “Ya, kamu benar. Aku sudah bicara padanya, tapi dia tak mau mendengarkanku.”
Toni : “Kalau kau mau, aku bisa membantumu. Nanti aku akan ke rumahnya untuk menjelaskan secara baik-baik.”
Rita : “Terimakasih ya, kau memang benar-benar sahabatku!”
Toni : “Ya, semoga persahabatan kita bertiga bisa kembali seperti dulu.”
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah…- + T editSinta kelihatan masih marah padaku.
- + F editHari ini indah, ya?
- + F editBaru-baru ini Sinta terlihat agak aneh.
- + F editPak guru kemarin katanya mau bicara denganmu.
- + T edit
- 27. + S 1 27 editBacalah teks berikut kemudian jawablah soal di bawah!
Toni : […] (memandang langit-langit dengan tatapan mata kosong)
Rita : “Ya, kamu benar. Aku sudah bicara padanya, tapi dia tak mau mendengarkanku.”
Toni : “Kalau kau mau, aku bisa membantumu. Nanti aku akan ke rumahnya untuk menjelaskan secara baik-baik.”
Rita : “Terimakasih ya, kau memang benar-benar sahabatku!”
Toni : “Ya, semoga persahabatan kita bertiga bisa kembali seperti dulu.”
Perbaikan petunjuk lakuan sesuai kutipan drama tersebut adalah….- + T editDuduk di samping Rita
- + F editBerkacak pinggang dengan tatapan mata garang
- + F editBerjalan menjauhi Ratna dengan membuang muka
- + F editBerjalan mondar-mandir sambil memegangi kepala
- + T edit
- 28. + S 1 28 editBacalah kutipan naskah drama berikut kemudian jawablah soal di bawah!
1) Garin : “Jangan memancing emosiku! Siapa yang menyembunyikan bukuku? Siapa? (berkacak pinggang)
2) Gilang : “Sabar, Mengapa kamu sewot? (…)
3) Garin : “Lho ini menyangkut harga diri, Kawan”
4) Banu : “Emang dirimu mau dihargai berapa? (…)
5) Garin : “(menunjuk-nunjuk Banu) ”Ooo, rupanya kamu biangnya.
6) Banu : “Jangan asal, nuduh, ya! Aku laporkan sama Bu Mila tahu rasa kamu!”
7) Gilang : “(memukul-mukul meja) “Ehhhh… Sudah-sudah. Kenapa jadi ribut sih?”
Penyebab konflik kutipan drama tersebut adalah…- + T editGarin menuduh Banu menyembunyikan bukunya.
- + F editGilang marah karena kedua temannya ribut.
- + F editBanu akan melaporkan Garin kepada Bu Mila.
- + F editGarin merasa ada yang menyembunyikan bukunya.
- + T edit
- 29. + S 1 29 editBacalah kutipan naskah drama berikut kemudian jawablah soal di bawah!
1) Garin : “Jangan memancing emosiku! Siapa yang menyembunyikan bukuku? Siapa? (berkacak pinggang)
2) Gilang : “Sabar, Mengapa kamu sewot? (…)
3) Garin : “Lho ini menyangkut harga diri, Kawan”
4) Banu : “Emang dirimu mau dihargai berapa? (…)
5) Garin : “(menunjuk-nunjuk Banu) ”Ooo, rupanya kamu biangnya.
6) Banu : “Jangan asal, nuduh, ya! Aku laporkan sama Bu Mila tahu rasa kamu!”
7) Gilang : “(memukul-mukul meja) “Ehhhh… Sudah-sudah. Kenapa jadi ribut sih?”
Petunjuk lakuan yang tepat untuk dialog nomor (2) dan (4) adalah…- + T edit(2) menepuk-nepuk punggung Garin, (4) tersenyum sinis
- + F edit(2) mondar-mandir, (4) membentak
- + F edit(2) gemetar, (4) tertawa terbahak-bahak
- + F edit(2) menggeleng-gelengkan kepala
- + T edit
- 30. + S 1 30 editBacalah teks drama berikut!
Marni : (bersimpuh di pusara ibunya). Maafkan aku Bu, aku tidak berada di saat ibu mengharap kehadiranku.
Bondan : Sudahlah, tidak usah desesali (sambil memandangi wajah adaiknya)
Marni : Macet di Nagrek, Mas! (mengusap air mata)
Bondan : Tidak lewat Cirebon, to?
Marni : Jalur Pantura lebih macet, Mas!
Bondan : Berdoalah untuk ibu. Sesudah itu istirahatlah di rumah. Kamu pasti capek. (mengambil daun kamboja yang jatuh mengenai mukena adiknya)
Konflik kutipan drama tersebut adalah…- + T editMarni menyesal tidak dapat berada disamping ibunya saat akhir hidupnya.
- + F editMarni menyesal tidak pulang lewat jalur Pantura.
- + F editMarni tidak dapat menemani Bondan di rumah sakit.
- + F editPerbedaan keputusan antara Marni dan Bondan dalam mengambil jalur bus.
- + T edit
- 31. + S 1 31 editBacalah kalimat berikut!
Bamabas mengatakan bahwa ia akan segera membagikan buku puisi yang ditulis dengan Mirela.
Kalimat langsung yang tepat adalah…- + T edit“Aku akan segera membagikan buku puisi yang kutulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
- + F edit“Ia akan segera menbagikan buku puisi yang ditulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
- + F edit“Aku akan segera menbagikan buku puisi yang diutulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
- + F edit“Dia akan segera menbagikan buku puisi yang kutulis dengan Mirela,” kata Barnabas.
- + T edit
- 32. + S 1 32 editBacalah kutipan teks berikut!
Suatu hari ketika putri tertua dan termuda berada di mata air ini, datanglah seorang wanita tua yang kelihatan sangat miskin, memintanya untuk mengambilkan dirinya air minum. “Oh! Ya, dengan senang hati,” kata putri termuda yang tidak tega melihat kondisi wanita tua itu. Ia segera mengambil kendinya, mengambil air di tempat yang paling jernih di mata iar tersebut, dan memberikan kepada wanita itu. Ia pun membantu memegang kendi agar wanita tua itu dapat minum dengan mudah. Sementara putri tertua hanya memandang dengan rasa tidak suka dan enggan untuk menolong wanita tua itu.
Ungkapan untuk menggambarkan watak tokoh putri tertua adalah… - 33. + S 1 33 editBacalah kutipan teks berikut!
Suatu hari ketika putri tertua dan termuda berada di mata air ini, datanglah seorang wanita tua yang kelihatan sangat miskin, memintanya untuk mengambilkan dirinya air minum. “Oh! Ya, dengan senang hati,” kata putri termuda yang tidak tega melihat kondisi wanita tua itu. Ia segera mengambil kendinya, mengambil air di tempat yang paling jernih di mata iar tersebut, dan memberikan kepada wanita itu. Ia pun membantu memegang kendi agar wanita tua itu dapat minum dengan mudah. Sementara putri tertua hanya memandang dengan rasa tidak suka dan enggan untuk menolong wanita tua itu.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah…- + T editJadilah orang yang peduli terhadap orang lain.
- + F editTetap semangat jangan pantang menyerah.
- + F editTabahlah dalam menghadapi cobaan.
- + F editJangan suka meminta-minta.
- + T edit
- 34. + S 1 34 editBacalah daftar indeks berikut!
Hipertensi, 79-80, 82, 94
Infeksi, 22, 56, 115, 126
Kolesterol, 90-94
Natrium, 77-83
Nefron, 129, 131
Pernyataan sesuai indeks tersebut adalah…- + T editKata natrium dan hipertensi dapat ditemukan di halaman 79, 80, dan 82.
- + F editIndeks topik infeksi terdapat pada halaman 22 sampai dengan 126.
- + F editNefron merupakan perincian indeks topik berada di halaman 129 dan 13.
- + F editKolesterol merupakan perincian indeks topik dari infeksi berada di halaman 90-94.
- + T edit
- 35. + S 1 35 editTeks yang termasuk karya fiksi adalah….
- + T editBuntalan sarung berisi kain putih dan topeng plastik dangan mata merah menyala ia ikat rapat-rapat di pinggang. Dengan hati-hati, ia menuruni dahan demi dahan trembesi. Rembulan belum sepenuhnya memucat kala masjid desa mengumandangkan panggilan tahajud. Mbah Mukti berjalan setengah berlari. Ia harus sampai rumah sebelum seorang pun melihatnya berada di pematang tengah sawah.
- + F editOrang-orang yang masih menjunjung tinggi nilai budaya jawa menganggap seorang suami sebagai orang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi dibandingkan seorang istri. Demikian pula seorang kakak dianggap berkedudukan lebih tinggi dibandingkan seorang adik. Oleh karena itu, seorang istri atau adik akan bersikap santun dalam bertutur kepada suami atau kakak.
- + F editRatusan pelajar kelas X SMA Labschool Rawamangun antuisias dalam mencoba cara aman memasang tabung LPG. Pertamina MOR III menggelar sosialisasi cara aman menggunakan LPG kepada pelajar peserta trip observasi SMA Labschool Rawamangun
- + F editDengan menguasai kalimat bahasa Indonesia maka peserta didik akan lancar dalam berkomunikasi. Dengan kalimat yang baik, runtut, peserta didik akan mudah menyampaikan informasi dan menangkap informasi dari orang lain, msial saja di dalam kehidupan sehari-hari kita bergaul dengan anggota keluarga, teman, dan masyarakat di lingkungan kita yang dikenal hidup rukun.
- + T edit
- 36. + S 1 36 editBacalah daftar indeks berikut!
Ilustrasi, 32
Istilah, 34, 45, 56, 67
Iklan, 56, 90, 91
Konflik, 324, 345, 360
Konotasi, 3, 5
Pernyataan sesuai indeks tersebut adalah…- + T editKata yang dapat dijumpai pada halaman yang sama adalah iklan dan istilah.
- + F editInformasi tentang iklan terdapat pada halaman 56 sampai dengan 91.
- + F editInformasi tentang konotasi dijumpai antara halaman 3 dengan 5.
- + F editDaftar indeks tersebut disusun secara urut abjad.
- + T edit
- 37. + S 1 37 editBacalah daftar indeks berikut!
1) Fermentasi, 7, 23, 40
2) Formalin, 37
3) Fungi, 45, 47
4) Fungsi, 35-38
Istilah yang paling banyak digunakan dalam buku ditandai dengan nomor…. - 38. + S 1 38 editBacalah kutipan buku fiksi berikut!
Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari Sang Singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang sukarela menjadi mangsanya. Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada singa yang ganas itu.
“Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata Si Kelinci.
Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
“Ya Sang Raja, dia ada di dalam sumur itu.” Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci, Sang Singa ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.
Hal menarik dari kutipan buku fiksi tersebut adalah….- + T editstrategi menyelesaikan masalah
- + F editpenggunaan makna kias
- + F editcara mendeskripsikan latar
- + F editteknik pelukisan watak tokoh
- + T edit
- 39. + S 1 39 editBacalah kutipan teks fiksi berikut!
Pairin mulai berubah tabiatnya setelah menjadi tangan kanan Ki Menggolo. Kini ia menjadi tinggi hati. Bahkan, ia keras kepala jika ditegur oleh para tetua kampung karena kesalahannya. Ia merasa paling hebat di kampungya. Pairin tak menyadari bahwa di atas langit masih ada langit.
Makna ungkapan tinggi hati pada teks tersebut adalah.… - 40. + S 1 40 editBacalah kutipan teks fiksi berikut!
Di suatu taman indah, bunga-bunga yang tengah mekar memancarkan keharumannya. Angin yang bertiup sepoi-sepoi, membelai lembut aneka bunga itu. Di antara dedaunan, hiduplah seekor laba-laba yang begitu lihai merajut jaringnya dengan indah. Tidak hanya itu, laba-laba bernama Baba itu juga membuat jaringnya menjadi berlapis-lapis. Karena kemampuannya tersebut, banyak laba-laba lain yang mendecak kagum dengan hasil karyanya.
Tanggapan terhadap penggunaan bahasa kutipan teks tersebut adalah…
0 Komentar