soal: 30 = + 30 S
- 1. + S 1 1 editHubungan sisi-sisi segitiga siku-siku pada gambar berikut adalah
- 2. + S 1 2 editPanjang AD pada gambar berikut adalah
- 3. + S 1 3 editPerhatikan ukuran panjang sisi-sisi suatu segitiga berikut:
(i) 4 cm, 12 cm, dan 15 cm
(ii) 6 cm, 8 cm, dan 9 cm
(iii) 7 cm, 24 cm, dan 25 cm
(iv) 9 cm, 11 cm, dan 14 cm
Dari ukuran segitiga-segitiga di atas, yang membentuk segitiga lancip adalah …. - 4. + S 1 4 editDiketahui kelompok tiga bilangan berikut:
(i) 3, 4, 5
(ii) 5, 13, 14
(iii) 7, 24, 25
(iv) 20, 21, 29
Kelompok bilangan di atas yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....- + T edit(i) dan (iii)
- + F edit(ii) dan (iv)
- + F edit(i), (iii), dan (iv)
- + F edit(i), (ii), (iii), dan (iv)
- + T edit
- 5. + S 1 5 editSeorang tukang kayu membuat segitiga siku-siku dengan salah satu sudutnya 30°. Panjang sisi di depan sudut 30° tersebut adalah 40 cm. Panjang sisi miringnya adalah ....
- 6. + S 1 6 editSeorang anak di lapangan, berjalan ke arah utara sejauh 30 meter, kemudian ke arah timur sejauh 40 meter, dan dilanjutkan ke arah selatan sejauh 105 meter. Jika ia kembali ke tempat semula, jarak terdekat yang ditempuh adalah ….
- 7. + S 1 7 editPada gambar berikut, titik A adalah pusat lingkaran. Besar sudut BAD adalah ....
- 8. + S 1 8 editPada gambar berikut, titik O adalah pusat lingkaran. Nilai x adalah ….
- 9. + S 1 9 editPada gambar berikut, jika panjang busur AB = 36 cm, maka panjang busur CD adalah ….
- 10. + S 1 10 editPada gambar berikut, titik O adalah pusat lingkaran. Luas juring AOB adalah ….
- 11. + S 1 11 editPada gambar berikut, titik O adalah pusat lingkaran. Keliling bangun datar pada gambar berikut adalah ….
- 12. + S 1 12 editSeorang pengrajin membuat kipas berbentuk juring lingkaran dengan sudut pusat 120o dan jari-jari lingkaran 21 cm seperti gambar berikut. Di sekeliling kipas bagian atas diberi pita berwarna merah. Panjang pita yang dibutuhkan untuk sebuah kipas adalah ….
- 13. + S 1 13 editPada gambar berikut, yang bukan merupakan rusuk dari limas T.ABCD adalah ….
- 14. + S 1 14 editLuas permukaan bangun pada gambar berikut adalah ….
- 15. + S 1 15 editPerhatikan gambar berikut!
Diketahui panjang AB = 32 cm, BC = 10 cm dan TO = 12 cm.
(i) luas segitiga TBC = 60 cm2
(ii) luas segitiga TAB = 208 cm2
(iii) luas limas T.ABCD = 936 cm2
(iv) panjang garis tinggi segitiga TAB = panjang garis tinggi TBC = 12 cm
Pernyataan di atas yang benar adalah …. - 16. + S 1 16 editVolume bangun pada gambar berikut adalah …
- 17. + S 1 17 editGambar berikut adalah balok yang disusun dari kubus-kubus satuan yang sama ukurannya dengan cara diberi perekat antara kubus-kubus satuan tersebut kemudian seluruh permukaan balok tersebut dicat warna hijau.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
(i) ada 28 kubus satuan yang terkena cat pada satu sisi
(ii) ada 28 kubus satuan yang terkena cat pada dua sisi
(iii) ada 8 kubus satuan yang terkena cat pada tiga sisi
(iv) ada 6 kubus satuan yang sama sekali tidak terkena cat
Pernyataan yang benar adalah …. - 18. + S 1 18 editRubik berbentuk kubus dengan panjang rusuk 5 cm dimasukkan ke dalam kardus. Jika kardus memiliki ukuran panjang 40 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 26 cm. Berapa jumlah rubik maksimal yang dapat dimasukkan ke dalam kardus tersebut sehingga kardus dapat ditutup dengan rapi?
- 19. + S 1 19 editNilai rata-rata dari data pada tabel berikut adalah ….
- 20. + S 1 20 editModus data 7, 8, 6, 8, 5, 6, 8, 7, 8, 6, 9, 7, 5, 6, 8 adalah ....
- 21. + S 1 21 editDiketahui nilai sekelompok siswa sebagai berikut:
Median dari data tersebut adalah .... - 22. + S 1 22 editDiketahui nilai ulangan sejumlah siswa sebagai berikut:
6 7 5 8 9 7 6 8 6 5.
Berdasarkan data di atas, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
(i) mean dari data tersebut adalah 6,7
(ii) modus dari data tersebut adalah 6
(iii) median dari data tersebut adalah 6,5
(iv) jangkauan data tersebut adalah 10
Pernyataan yang benar adalah …. - 23. + S 1 23 editNilai rata-rata tes matematika dari 15 siswa adalah 66. Bila nilai Rena dimasukkan, nilai rata-rata tes menjadi 67. Nilai tes matematika Rena adalah ....
- 24. + S 1 24 editDiagram batang berikut menunjukkan nilai ulangan matematika sebuah kelas.
Banyak siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata adalah .... - 25. + S 1 25 editSebuah dadu dan dua uang logam dilambungkan bersama-sama satu kali. Banyak anggota ruang sampel dari percobaan itu adalah ….
- 26. + S 1 26 editTiga mata uang logam dilambungkan bersama-sama satu kali. Banyaknya titik sampel kejadian muncul paling sedikit dua gambar adalah ….
- 27. + S 1 27 editPada percobaan melempar sebuah dadu, kejadian munculnya mata dadu ditunjukkan pada tabel distribusi berikut.
Berdasarkan data percobaan di atas, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
(i) peluang muncul mata dadu 2 adalah
(ii) peluang muncul mata dadu 3 adalah
(iii) peluang empirik muncul mata dadu 4 adalah
(iv) peluang empirik muncul mata dadu 5 adalah
Pernyataan yang benar adalah …. - 28. + S 1 28 editPada percobaan pelemparan 3 uang koin, peluang muncul satu gambar dan 2 angka adalah ….
- 29. + S 1 29 editFrekuensi harapan muncul mata dadu 3 pada pelemparan sebuah dadu sebanyak 150 kali adalah ….
- 30. + S 1 30 editPerhatikan gambar spiner bernomor 1 sampai dengan 8 berikut!
Jika spiner di atas diputar, maka peluang jarum berhenti pada bilangan ganjil adalah ….
0 Komentar