Ticker

6/recent/ticker-posts

Latihan Soal PAT Matematika Kelas 8 Semester 2

 



soal: 30 = + 30 S

  • 1. + S 1 1         edit

    Hubungan sisi-sisi segitiga siku-siku pada gambar berikut adalah

    image:PAT MYK 8/1.JPG
    1. + T     edit

      n2 = k2 - l2
    2. + F     edit

      n2 = l2 - k2
    3. + F     edit

      l2 = n2 - k2
    4. + F     edit

      k2 = n2 - l2


  • 2. + S 1 2         edit

    Panjang AD pada gambar berikut adalah
    image:PAT MYK 8/2.JPG
    1. + T     edit

      20 cm
    2. + F     edit

      10 cm
    3. + F     edit

      15 cm
    4. + F     edit

      24 cm


  • 3. + S 1 3         edit

    Perhatikan ukuran panjang sisi-sisi suatu segitiga berikut:
    (i) 4 cm, 12 cm, dan 15 cm
    (ii) 6 cm, 8 cm, dan 9 cm
    (iii) 7 cm, 24 cm, dan 25 cm
    (iv) 9 cm, 11 cm, dan 14 cm
    Dari ukuran segitiga-segitiga di atas, yang membentuk segitiga lancip adalah ….
    1. + T     edit

      (i) dan (iv)
    2. + F     edit

      (i) dan (iii)
    3. + F     edit

      (ii) dan (iii)
    4. + F     edit

      (ii) dan (iv)


  • 4. + S 1 4         edit

    Diketahui kelompok tiga bilangan berikut:

    (i) 3, 4, 5
    (ii) 5, 13, 14
    (iii) 7, 24, 25
    (iv) 20, 21, 29

    Kelompok bilangan di atas yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....
    1. + T     edit

      (i) dan (iii)
    2. + F     edit

      (ii) dan (iv)
    3. + F     edit

      (i), (iii), dan (iv)
    4. + F     edit

      (i), (ii), (iii), dan (iv)


  • 5. + S 1 5         edit

    Seorang tukang kayu membuat segitiga siku-siku dengan salah satu sudutnya 30°. Panjang sisi di depan sudut 30° tersebut adalah 40 cm. Panjang sisi miringnya adalah ....
    1. + T     edit

      80 cm
    2. + F     edit

      70 cm
    3. + F     edit

      90 cm
    4. + F     edit

      100 cm


  • 6. + S 1 6         edit

    Seorang anak di lapangan, berjalan ke arah utara sejauh 30 meter, kemudian ke arah timur sejauh 40 meter, dan dilanjutkan ke arah selatan sejauh 105 meter. Jika ia kembali ke tempat semula, jarak terdekat yang ditempuh adalah ….
    1. + T     edit

      85 meter
    2. + F     edit

      75 meter
    3. + F     edit

      100 meter
    4. + F     edit

      175 meter


  • 7. + S 1 7         edit

    Pada gambar berikut, titik A adalah pusat lingkaran. Besar sudut BAD adalah ....

    image:PAT MYK 8/7.JPG
    1. + T     edit

      84°
    2. + F     edit

      42°
    3. + F     edit

      48°
    4. + F     edit

      58o


  • 8. + S 1 8         edit

    Pada gambar berikut, titik O adalah pusat lingkaran. Nilai x adalah ….

    image:PAT MYK 8/8.JPG
    1. + T     edit

      30
    2. + F     edit

      45
    3. + F     edit

      60
    4. + F     edit

      90


  • 9. + S 1 9         edit

    Pada gambar berikut, jika panjang busur AB = 36 cm, maka panjang busur CD adalah ….

    image:PAT MYK 8/9.JPG
    1. + T     edit

      63 cm
    2. + F     edit

      56 cm
    3. + F     edit

      70 cm
    4. + F     edit

      75 cm


  • 10. + S 1 10         edit

    Pada gambar berikut, titik O adalah pusat lingkaran. Luas juring AOB adalah ….

    image:PAT MYK 8/10.JPG
    1. + T     edit

      231 cm2
    2. + F     edit

      225 cm2
    3. + F     edit

      308 cm2
    4. + F     edit

      352 cm2


  • 11. + S 1 11         edit

    Pada gambar berikut, titik O adalah pusat lingkaran. Keliling bangun datar pada gambar berikut adalah ….

    image:PAT MYK 8/11.JPG
    1. + T     edit

      141 cm
    2. + F     edit

      99 cm
    3. + F     edit

      120 cm
    4. + F     edit

      132 cm


  • 12. + S 1 12         edit

    Seorang pengrajin membuat kipas berbentuk juring lingkaran dengan sudut pusat 120o dan jari-jari lingkaran 21 cm seperti gambar berikut. Di sekeliling kipas bagian atas diberi pita berwarna merah. Panjang pita yang dibutuhkan untuk sebuah kipas adalah ….

    image:PAT MYK 8/12.JPG
    1. + T     edit

      44 cm
    2. + F     edit

      22 cm
    3. + F     edit

      66 cm
    4. + F     edit

      88 cm


  • 13. + S 1 13         edit

    Pada gambar berikut, yang bukan merupakan rusuk dari limas T.ABCD adalah ….

    image:PAT MYK 8/13.JPG
    1. + T     edit

      TD
    2. + F     edit

      TB
    3. + F     edit

      TC
    4. + F     edit

      TE


  • 14. + S 1 14         edit

    Luas permukaan bangun pada gambar berikut adalah ….

    image:PAT MYK 8/14.JPG
    1. + T     edit

      828 cm2
    2. + F     edit

      600 cm2
    3. + F     edit

      720 cm2
    4. + F     edit

      1800 cm2


  • 15. + S 1 15         edit

    Perhatikan gambar berikut!

    image:PAT MYK 8/15.JPG

    Diketahui panjang AB = 32 cm, BC = 10 cm dan TO = 12 cm.
    (i) luas segitiga TBC = 60 cm2
    (ii) luas segitiga TAB = 208 cm2
    (iii) luas limas T.ABCD = 936 cm2
    (iv) panjang garis tinggi segitiga TAB = panjang garis tinggi TBC = 12 cm
    Pernyataan di atas yang benar adalah ….
    1. + T     edit

      (i) dan (iv)
    2. + F     edit

      (i) dan (iii)
    3. + F     edit

      (ii) dan (iii)
    4. + F     edit

      (ii) dan (iv)


  • 16. + S 1 16         edit

    Volume bangun pada gambar berikut adalah …

    image:PAT MYK 8/16.JPG
    1. + T     edit

      1296 cm3
    2. + F     edit

      864 cm3
    3. + F     edit

      1944 cm3
    4. + F     edit

      3888 cm3


  • 17. + S 1 17         edit

    Gambar berikut adalah balok yang disusun dari kubus-kubus satuan yang sama ukurannya dengan cara diberi perekat antara kubus-kubus satuan tersebut kemudian seluruh permukaan balok tersebut dicat warna hijau.

    image:PAT MYK 8/17.JPG

    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
    (i) ada 28 kubus satuan yang terkena cat pada satu sisi
    (ii) ada 28 kubus satuan yang terkena cat pada dua sisi
    (iii) ada 8 kubus satuan yang terkena cat pada tiga sisi
    (iv) ada 6 kubus satuan yang sama sekali tidak terkena cat

    Pernyataan yang benar adalah ….
    1. + T     edit

      (i), (ii) dan (iii)
    2. + F     edit

      (i) dan (iv)
    3. + F     edit

      (ii) dan (iv)
    4. + F     edit

      hanya (iii)


  • 18. + S 1 18         edit

    Rubik berbentuk kubus dengan panjang rusuk 5 cm dimasukkan ke dalam kardus. Jika kardus memiliki ukuran panjang 40 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 26 cm. Berapa jumlah rubik maksimal yang dapat dimasukkan ke dalam kardus tersebut sehingga kardus dapat ditutup dengan rapi?

    image:PAT MYK 8/18.JPG
    1. + T     edit

      240 rubik
    2. + F     edit

      200 rubik
    3. + F     edit

      208 rubik
    4. + F     edit

      226 rubik


  • 19. + S 1 19         edit

    Nilai rata-rata dari data pada tabel berikut adalah ….

    image:PAT MYK 8/19.JPG
    1. + T     edit

      7, 1
    2. + F     edit

      5, 1
    3. + F     edit

      6, 1
    4. + F     edit

      9, 1


  • 20. + S 1 20         edit

    Modus data 7, 8, 6, 8, 5, 6, 8, 7, 8, 6, 9, 7, 5, 6, 8 adalah ....
    1. + T     edit

      8
    2. + F     edit

      5
    3. + F     edit

      6
    4. + F     edit

      7


  • 21. + S 1 21         edit

    Diketahui nilai sekelompok siswa sebagai berikut:

    image:PAT MYK 8/21.JPG

    Median dari data tersebut adalah ....
    1. + T     edit

      4,0
    2. + F     edit

      3,0
    3. + F     edit

      3,4
    4. + F     edit

      3,5


  • 22. + S 1 22         edit

    Diketahui nilai ulangan sejumlah siswa sebagai berikut:

    6 7 5 8 9 7 6 8 6 5.

    Berdasarkan data di atas, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
    (i) mean dari data tersebut adalah 6,7
    (ii) modus dari data tersebut adalah 6
    (iii) median dari data tersebut adalah 6,5
    (iv) jangkauan data tersebut adalah 10

    Pernyataan yang benar adalah ….
    1. + T     edit

      (i), (ii) dan (iii)
    2. + F     edit

      (i) dan (iv)
    3. + F     edit

      (ii) dan (iv)
    4. + F     edit

      hanya (iii)


  • 23. + S 1 23         edit

    Nilai rata-rata tes matematika dari 15 siswa adalah 66. Bila nilai Rena dimasukkan, nilai rata-rata tes menjadi 67. Nilai tes matematika Rena adalah ....
    1. + T     edit

      82
    2. + F     edit

      84
    3. + F     edit

      78
    4. + F     edit

      76


  • 24. + S 1 24         edit

    Diagram batang berikut menunjukkan nilai ulangan matematika sebuah kelas.

    image:PAT MYK 8/24.JPG

    Banyak siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata adalah ....
    1. + T     edit

      19
    2. + F     edit

      9
    3. + F     edit

      17
    4. + F     edit

      24


  • 25. + S 1 25         edit

    Sebuah dadu dan dua uang logam dilambungkan bersama-sama satu kali. Banyak anggota ruang sampel dari percobaan itu adalah ….

    image:PAT MYK 8/25.JPG
    1. + T     edit

      24
    2. + F     edit

      10
    3. + F     edit

      12
    4. + F     edit

      48


  • 26. + S 1 26         edit

    Tiga mata uang logam dilambungkan bersama-sama satu kali. Banyaknya titik sampel kejadian muncul paling sedikit dua gambar adalah ….
    1. + T     edit

      4
    2. + F     edit

      1
    3. + F     edit

      2
    4. + F     edit

      3


  • 27. + S 1 27         edit

    Pada percobaan melempar sebuah dadu, kejadian munculnya mata dadu ditunjukkan pada tabel distribusi berikut.

    image:PAT MYK 8/27.JPG

    Berdasarkan data percobaan di atas, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
    (i) peluang muncul mata dadu 2 adalah image:PAT MYK 8/27A.JPG
    (ii) peluang muncul mata dadu 3 adalah image:PAT MYK 8/27B.JPG
    (iii) peluang empirik muncul mata dadu 4 adalah image:PAT MYK 8/27C.JPG
    (iv) peluang empirik muncul mata dadu 5 adalah image:PAT MYK 8/27D.JPG

    Pernyataan yang benar adalah ….
    1. + T     edit

      (i) dan (iii)
    2. + F     edit

      (i) dan (iv)
    3. + F     edit

      (ii) dan (iii)
    4. + F     edit

      (ii) dan (iv)


  • 28. + S 1 28         edit

    Pada percobaan pelemparan 3 uang koin, peluang muncul satu gambar dan 2 angka adalah ….
    1. + T     edit

      image:PAT MYK 8/28B.JPG
    2. + F     edit

      image:PAT MYK 8/28A.JPG
    3. + F     edit

      image:PAT MYK 8/28C.JPG
    4. + F     edit

      image:PAT MYK 8/28D.JPG


  • 29. + S 1 29         edit

    Frekuensi harapan muncul mata dadu 3 pada pelemparan sebuah dadu sebanyak 150 kali adalah ….
    1. + T     edit

      25 KALI
    2. + F     edit

      30 KALI
    3. + F     edit

      125 KALI
    4. + F     edit

      145 KALI


  • 30. + S 1 30         edit

    Perhatikan gambar spiner bernomor 1 sampai dengan 8 berikut!
    Jika spiner di atas diputar, maka peluang jarum berhenti pada bilangan ganjil adalah ….
    1. + T     edit

      image:PAT MYK 8/30C.JPG
    2. + F     edit

      image:PAT MYK 8/30A.JPG
    3. + F     edit

      image:PAT MYK 8/30B.JPG
    4. + F     edit

      image:PAT MYK 8/30D.JPG


Posting Komentar

0 Komentar