Ticker

6/recent/ticker-posts

Latihan Soal PAT IPA Kelas 7 Semester 2 SMP

 


soal: 30 = + 30 S

  • 1. + S 1 1         edit

    Perhatikan tabel berikut ! Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang benar ditunjukkan...

    image:PAT IPA 7/1.png
    1. + T     edit

      C
    2. + F     edit

      A
    3. + F     edit

      B
    4. + F     edit

      D


  • 2. + S 1 2         edit

    Perhatikan gambar sel tumbuhan di bawah ini!

    image:PAT IPA 7/2.png

    Organela yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan ditunjukkan oleh huruf...
    1. + T     edit

      A
    2. + F     edit

      C
    3. + F     edit

      E
    4. + F     edit

      F


  • 3. + S 1 3         edit

    Hubungan yang benar antara nama jaringan pada tumbuhan dan fungsinya adalah...

    image:PAT IPA 7/3.png
    1. + T     edit

      D
    2. + F     edit

      A
    3. + F     edit

      B
    4. + F     edit

      C


  • 4. + S 1 4         edit

    Perhatikan gambar penampang melintang daun berikut!

    image:PAT IPA 7/4.png

    Yang di tunjuk oleh nomor 1 dan 2 berturut-turut berfungsi untuk...
    1. + T     edit

      Fotosintesis dan pertukaran gas
    2. + F     edit

      Transpartasi dan fotosistesis
    3. + F     edit

      Fotosintesis dan pelindung
    4. + F     edit

      Pertukaran gas dan pelindung


  • 5. + S 1 5         edit

    Perhatikan gambar otot berikut!

    image:PAT IPA 7/5.png

    Fungsi dari jenis otot seperti pada gambar di atas adalah melakukan...
    1. + T     edit

      Gerak organ tubuh yang tidak sadar, dan terdapat pada lambung
    2. + F     edit

      Gerak tubuh yang sadar, dan terdapat melekat pada rangka
    3. + F     edit

      Gerak organ tubuh yang tidak sadar, dan terdapat pada jantung
    4. + F     edit

      Gerak organ tubuh yang tidak sadar, dan terdapat melekat pada rangka


  • 6. + S 1 6         edit

    Jaringan yang berfungsi menerima dan menghantarkan rangsangan adalah...
    1. + T     edit

      Syaraf
    2. + F     edit

      Penyokong
    3. + F     edit

      Ikat
    4. + F     edit

      Meristem


  • 7. + S 1 7         edit

    Perhatikan tabel berikut!

    image:PAT IPA 7/7.png

    Pasangan yang benar antara sistem organ dan organ penyusunnya adalah...
    1. + T     edit

      2 dan 3
    2. + F     edit

      1 dan 2
    3. + F     edit

      2 dan 4
    4. + F     edit

      3 dan 4


  • 8. + S 1 8         edit

    Perhatikan pernyataan berikut!

    1. Serangga air dapat hidup pada air yang tidak tercemar
    2. Enceng gondok tumbuh subur pada permukaan sungai
    3. Setelah gunung berapi Meletus tanaman menjadi subur
    4. Sampah membusuk karena aktivitas bakteri pembusuk
    5. Kue bolu dapat mengembang setelah diberi ragi

    Hubungan yang menunjukkan komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik adalah...
    1. + T     edit

      1, 2 dan 3
    2. + F     edit

      1, 3 dan 4
    3. + F     edit

      2, 3 dan 5
    4. + F     edit

      3, 4 dan 5


  • 9. + S 1 9         edit

    Perhatikan gambar berikut!

    image:PAT IPA 7/9.png

    Interaksi yang terjadi antara bunga dengan lebah adalah...
    1. + T     edit

      Mutualisme
    2. + F     edit

      Komensalisme
    3. + F     edit

      Parasitisme
    4. + F     edit

      Antibiosis


  • 10. + S 1 10         edit

    Perhatikan contoh interaksi antar makhluk hidup berikut!

    1. Benalu hidup di pohon mangga
    2. Ikan hiu dengan ikan remora
    3. Anggrek menempel pada pohon jambu
    4. Jamur Pinicillium dengan bakteri

    Interkasi antar makhluk hidup yang termasuk simbiosis komensalisme dan antibiosis berturut-turut adalah...
    1. + T     edit

      3 dan 4
    2. + F     edit

      1 dan 2
    3. + F     edit

      1 dan 3
    4. + F     edit

      2 dan 3


  • 11. + S 1 11         edit

    Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!

    image:PAT IPA 7/11.png

    Organisme yang berperan sebagai produsen dan konsumen ke-2 secara berurutan adalah...
    1. + T     edit

      Padi dan katak
    2. + F     edit

      Pohon dan belalang
    3. + F     edit

      Belalang dan katak
    4. + F     edit

      Padi dan belalang


  • 12. + S 1 12         edit

    Perhatikan jaring-jaring makanan di bawah ini!

    image:PAT IPA 7/12.png

    Jumlah rantai makanan yang terbentuk adalah...
    1. + T     edit

      7
    2. + F     edit

      5
    3. + F     edit

      6
    4. + F     edit

      8


  • 13. + S 1 13         edit

    Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!

    image:PAT IPA 7/13.png

    Jika pada kedua jaring-jaring makanan ini belalang dibasmi oleh petani maka yang akan terjadi adalah...
    1. + T     edit

      Katak di kebun akan punah sedangkan di sawah tetap hidup
    2. + F     edit

      Burung pipit di kebun dan ayam di sawah akan punah
    3. + F     edit

      Tikus di keduanya akan mengalami peningkatan
    4. + F     edit

      Katak di kebun dan di sawah akan punah


  • 14. + S 1 14         edit

    Perhatikan piramida makanan berikut!

    image:PAT IPA 7/14.png

    Organisme autotrof dan hewan herbivora secara berturut-turut menempati tingkatan tropik...
    1. + T     edit

      I dan II
    2. + F     edit

      I dan III
    3. + F     edit

      II dan IV
    4. + F     edit

      III dan IV


  • 15. + S 1 15         edit

    Perhatikan table berikut!

    image:PAT IPA 7/15.png

    Berdasarkan data pada tabel tersebut, maka terdapat pernyataan – pernyataan berikut ini:
    1. Jupiter adalah planet yang terbesar
    2. Venus adalah planet yang terdekat dari bumi
    3. Satu tahun Mars lebih lama dari satu tahunnya Uranus
    4. Satu tahunnya Mars hampir setara dengan dua tahun Bumi
    Pernyataan yang benar adalah...
    1. + T     edit

      1, 2 dan 4
    2. + F     edit

      1, 2 dan 3
    3. + F     edit

      1, 3 dan 4
    4. + F     edit

      2, 3 dan 4


  • 16. + S 1 16         edit

    Perhatikan gambar planet dan pernyataan berikut!

    image:PAT IPA 7/16.png


    1. Planet terbesar
    2. Termasuk planet luar
    3. Memiliki satu satelit
    4. Berada pada urutan ke-6 dari matahari

    Pernyataan yang sesuai untuk planet seperti pada gambar yaitu...
    1. + T     edit

      2 dan 4
    2. + F     edit

      3 dan 4
    3. + F     edit

      1 dan 2
    4. + F     edit

      1 dan 3


  • 17. + S 1 17         edit

    Perhatikan posisi Matahari, Bulan, dan Bumi pada saat gerhana berikut:

    image:PAT IPA 7/17.png


    Akibat peristiwa tersebut daerah yang ditunjuk anak panah mengalami gerhana...
    1. + T     edit

      Matahari total
    2. + F     edit

      Bulan total
    3. + F     edit

      Bulan sebagian
    4. + F     edit

      Matahari sebagian


  • 18. + S 1 18         edit

    Perhatikan gambar berikut!

    image:PAT IPA 7/18.png

    Dari gambar di atas, bulan purnama dan bulan kuartir pertama ditunjukkan nomor...
    1. + T     edit

      3 dan 4
    2. + F     edit

      1 dan 2
    3. + F     edit

      2 dan 3
    4. + F     edit

      4 dan 1


  • 19. + S 1 19         edit

    Perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini!

    image:PAT IPA 7/19.png

    Dampak akibat adanya peristiwa diatas, kecuali...
    1. + T     edit

      Perbedaan gerhana matahari dan bulan
    2. + F     edit

      Perubahan penampakan rasi bintang
    3. + F     edit

      Perbedaan musim
    4. + F     edit

      Perbedaan waktu lama siang dan malam


  • 20. + S 1 20         edit

    Susunan Litosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi secara berurutan adalah...
    1. + T     edit

      Inti dalam, inti luar, mantel Bumi, kerak Bumi
    2. + F     edit

      Inti dalam, inti luar, kerak Bumi, mantel Bumi
    3. + F     edit

      Inti dalam, mantel Bumi, inti luar, kerak Bumi
    4. + F     edit

      Inti dalam, astenosfer, inti luar, kerak Bumi


  • 21. + S 1 21         edit

    Atmosfer juga berfungsi sebagai pelindung bumi dari benda-benda langit yang jatuh ke bumi. Meteor yang akan memasuki bumi akan terbakar di atmosfer tepatnya di lapisan...
    1. + T     edit

      Mesosfer
    2. + F     edit

      Stratosfer
    3. + F     edit

      Troposfer
    4. + F     edit

      Termosfer


  • 22. + S 1 22         edit

    Berikut ini salah satu syarat terjadinya tsunami adalah...
    1. + T     edit

      Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (kedalaman 0 - 30 km)
    2. + F     edit

      Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dalam (kedalaman lebih dari 30 km)
    3. + F     edit

      Gempa bumi dengan kekuatan kurang dari 5,0 skala richter
    4. + F     edit

      Gempa bumi yang berpusat di daratan dan dalam


  • 23. + S 1 23         edit

    Perhatikan gambar berikut!

    image:PAT IPA 7/23.png

    Sebuah pusat gempa tercatat sejauh 1500 km dari sebuah stasiun seismik. Keadaan tersebut digambarkan penyebaran gelombang seismiknya. Pada gambar tersebut titik H berperan sebagai pusat gempa, yang disebut...
    1. + T     edit

      Hiposentrum
    2. + F     edit

      Episentrum
    3. + F     edit

      Patahan
    4. + F     edit

      Titik primer


  • 24. + S 1 24         edit

    Usaha paling tepat untuk mengatasi pencemaran udara dari kendaraan bermotor adalah...
    1. + T     edit

      Menanam pohon pada lahan kosong dan di tepi jalan raya
    2. + F     edit

      Membatasi penggunaan kendaraan bermotor
    3. + F     edit

      Menggalakkan penggunaan bahan bakar fosil
    4. + F     edit

      Membuat undang-undang pencemaran lingkungan hidup


  • 25. + S 1 25         edit

    Perhatikan informasi berikut!

    Pencemaran Air

    Pencemaran air adalah masuknya mahluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Limbah buangan dari pemukiman seringkali mengandung bahan pencemaran berupa organisme hidup. Selain berbagai virus dan bakteri, dapat pula berupa telur parasit yang terpapar bersama sisa pencernaan manusia. Pada air tawar dapat pula terbawa senyawa-senyawa toksik dari limbah industri yang menimbulkan keracunan pada organisme.
    Telah dilakukan percobaan pencemaran air terhadap daya hidup ikan dengan hasil sebagai berikut. Adapun percobaan dilakukan selama 2 jam.


    image:PAT IPA 7/25.png

    Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran sesuai kasus di atas adalah...
    1. + T     edit

      Mengolah limbah cair sebelum dibuang ke sungai
    2. + F     edit

      Membuat IPAL di setiap rumah
    3. + F     edit

      Melakukan uji kualitas air sungai
    4. + F     edit

      Menanam pohon lebih banyak di tepi sungai


  • 26. + S 1 26         edit

    Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia, yaitu...
    1. + T     edit

      pH air harus dalam kondisi normal
    2. + F     edit

      Air bebas dari segala bakteri terutama bakteri phatogen
    3. + F     edit

      Air dan tidak berasa dan suhunnya berada di bawah suhu di luarnya
    4. + F     edit

      Air minum harus menggunakan zat tertentu dalam jumlah tertentu


  • 27. + S 1 27         edit

    Pemberian pupuk urea di sawah secara berlebih akan terbawa air dan terkumpul di suatu perairan(misalnya danau, waduk) dapat menimbulkan eutrofikasi,yaitu terkonsentrasinya mineral di suatu perairan.Kondisi yang akan terjadi pada lingkungan yang tercemar oleh polutan ini adalah...
    1. + T     edit

      Blooming oleh enceng gondok
    2. + F     edit

      Berkembangnya lumut
    3. + F     edit

      Berkembangnya ikan kecil
    4. + F     edit

      Berkembangnya udang-udangan


  • 28. + S 1 28         edit

    Pemanasan global juga berdampak serius terhadap ekologi. Salah satu contoh dampak pemanasan global di bidang ekologi adalah...
    1. + T     edit

      Perubahan habitat beruang laut
    2. + F     edit

      Penipisan lapisan ozon
    3. + F     edit

      Mencainya es dan gletser
    4. + F     edit

      Perubahan pola cuaca


  • 29. + S 1 29         edit

    Gas pencemar udara yang menyebabkan pusing, gangguan saraf dan pingsan adalah...
    1. + T     edit

      Karbon monoksida
    2. + F     edit

      Karbon dioksida
    3. + F     edit

      Sulfur Oksida
    4. + F     edit

      Nitrogen Oksida


  • 30. + S 1 30         edit

    Komponen pada penggunaan alat transportasi yang menyebabkan terjadinya peningkatan suhu udara adalah...
    1. + T     edit

      Emisi CO2 dari bahan bakar transportasi
    2. + F     edit

      Pembakaran yang terjadi didalam mesin tidak sempurna
    3. + F     edit

      Banyaknya penggunaan transportasi
    4. + F     edit

      Energi yang dihasilkan dari proses pemanasan




Posting Komentar

0 Komentar