soal: 30 = + 30 S
- 1. + S 1 1 editPerhatikan tabel berikut ! Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang benar ditunjukkan...
- 2. + S 1 2 editPerhatikan gambar sel tumbuhan di bawah ini!
Organela yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan ditunjukkan oleh huruf... - 3. + S 1 3 editHubungan yang benar antara nama jaringan pada tumbuhan dan fungsinya adalah...
- 4. + S 1 4 editPerhatikan gambar penampang melintang daun berikut!
Yang di tunjuk oleh nomor 1 dan 2 berturut-turut berfungsi untuk...- + T editFotosintesis dan pertukaran gas
- + F editTranspartasi dan fotosistesis
- + F editFotosintesis dan pelindung
- + F editPertukaran gas dan pelindung
- + T edit
- 5. + S 1 5 editPerhatikan gambar otot berikut!
Fungsi dari jenis otot seperti pada gambar di atas adalah melakukan...- + T editGerak organ tubuh yang tidak sadar, dan terdapat pada lambung
- + F editGerak tubuh yang sadar, dan terdapat melekat pada rangka
- + F editGerak organ tubuh yang tidak sadar, dan terdapat pada jantung
- + F editGerak organ tubuh yang tidak sadar, dan terdapat melekat pada rangka
- + T edit
- 6. + S 1 6 editJaringan yang berfungsi menerima dan menghantarkan rangsangan adalah...
- 7. + S 1 7 editPerhatikan tabel berikut!
Pasangan yang benar antara sistem organ dan organ penyusunnya adalah... - 8. + S 1 8 editPerhatikan pernyataan berikut!
1. Serangga air dapat hidup pada air yang tidak tercemar
2. Enceng gondok tumbuh subur pada permukaan sungai
3. Setelah gunung berapi Meletus tanaman menjadi subur
4. Sampah membusuk karena aktivitas bakteri pembusuk
5. Kue bolu dapat mengembang setelah diberi ragi
Hubungan yang menunjukkan komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik adalah... - 9. + S 1 9 editPerhatikan gambar berikut!
Interaksi yang terjadi antara bunga dengan lebah adalah... - 10. + S 1 10 editPerhatikan contoh interaksi antar makhluk hidup berikut!
1. Benalu hidup di pohon mangga
2. Ikan hiu dengan ikan remora
3. Anggrek menempel pada pohon jambu
4. Jamur Pinicillium dengan bakteri
Interkasi antar makhluk hidup yang termasuk simbiosis komensalisme dan antibiosis berturut-turut adalah... - 11. + S 1 11 editPerhatikan jaring-jaring makanan berikut!
Organisme yang berperan sebagai produsen dan konsumen ke-2 secara berurutan adalah... - 12. + S 1 12 editPerhatikan jaring-jaring makanan di bawah ini!
Jumlah rantai makanan yang terbentuk adalah... - 13. + S 1 13 editPerhatikan jaring-jaring makanan berikut!
Jika pada kedua jaring-jaring makanan ini belalang dibasmi oleh petani maka yang akan terjadi adalah...- + T editKatak di kebun akan punah sedangkan di sawah tetap hidup
- + F editBurung pipit di kebun dan ayam di sawah akan punah
- + F editTikus di keduanya akan mengalami peningkatan
- + F editKatak di kebun dan di sawah akan punah
- + T edit
- 14. + S 1 14 editPerhatikan piramida makanan berikut!
Organisme autotrof dan hewan herbivora secara berturut-turut menempati tingkatan tropik... - 15. + S 1 15 editPerhatikan table berikut!
Berdasarkan data pada tabel tersebut, maka terdapat pernyataan – pernyataan berikut ini:
1. Jupiter adalah planet yang terbesar
2. Venus adalah planet yang terdekat dari bumi
3. Satu tahun Mars lebih lama dari satu tahunnya Uranus
4. Satu tahunnya Mars hampir setara dengan dua tahun Bumi
Pernyataan yang benar adalah... - 16. + S 1 16 editPerhatikan gambar planet dan pernyataan berikut!
1. Planet terbesar
2. Termasuk planet luar
3. Memiliki satu satelit
4. Berada pada urutan ke-6 dari matahari
Pernyataan yang sesuai untuk planet seperti pada gambar yaitu... - 17. + S 1 17 editPerhatikan posisi Matahari, Bulan, dan Bumi pada saat gerhana berikut:
Akibat peristiwa tersebut daerah yang ditunjuk anak panah mengalami gerhana... - 18. + S 1 18 editPerhatikan gambar berikut!
Dari gambar di atas, bulan purnama dan bulan kuartir pertama ditunjukkan nomor... - 19. + S 1 19 editPerhatikan gambar ilustrasi dibawah ini!
Dampak akibat adanya peristiwa diatas, kecuali...- + T editPerbedaan gerhana matahari dan bulan
- + F editPerubahan penampakan rasi bintang
- + F editPerbedaan musim
- + F editPerbedaan waktu lama siang dan malam
- + T edit
- 20. + S 1 20 editSusunan Litosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi secara berurutan adalah...
- + T editInti dalam, inti luar, mantel Bumi, kerak Bumi
- + F editInti dalam, inti luar, kerak Bumi, mantel Bumi
- + F editInti dalam, mantel Bumi, inti luar, kerak Bumi
- + F editInti dalam, astenosfer, inti luar, kerak Bumi
- + T edit
- 21. + S 1 21 editAtmosfer juga berfungsi sebagai pelindung bumi dari benda-benda langit yang jatuh ke bumi. Meteor yang akan memasuki bumi akan terbakar di atmosfer tepatnya di lapisan...
- 22. + S 1 22 editBerikut ini salah satu syarat terjadinya tsunami adalah...
- + T editGempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (kedalaman 0 - 30 km)
- + F editGempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dalam (kedalaman lebih dari 30 km)
- + F editGempa bumi dengan kekuatan kurang dari 5,0 skala richter
- + F editGempa bumi yang berpusat di daratan dan dalam
- + T edit
- 23. + S 1 23 editPerhatikan gambar berikut!
Sebuah pusat gempa tercatat sejauh 1500 km dari sebuah stasiun seismik. Keadaan tersebut digambarkan penyebaran gelombang seismiknya. Pada gambar tersebut titik H berperan sebagai pusat gempa, yang disebut... - 24. + S 1 24 editUsaha paling tepat untuk mengatasi pencemaran udara dari kendaraan bermotor adalah...
- + T editMenanam pohon pada lahan kosong dan di tepi jalan raya
- + F editMembatasi penggunaan kendaraan bermotor
- + F editMenggalakkan penggunaan bahan bakar fosil
- + F editMembuat undang-undang pencemaran lingkungan hidup
- + T edit
- 25. + S 1 25 editPerhatikan informasi berikut!
Pencemaran Air
Pencemaran air adalah masuknya mahluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Limbah buangan dari pemukiman seringkali mengandung bahan pencemaran berupa organisme hidup. Selain berbagai virus dan bakteri, dapat pula berupa telur parasit yang terpapar bersama sisa pencernaan manusia. Pada air tawar dapat pula terbawa senyawa-senyawa toksik dari limbah industri yang menimbulkan keracunan pada organisme.
Telah dilakukan percobaan pencemaran air terhadap daya hidup ikan dengan hasil sebagai berikut. Adapun percobaan dilakukan selama 2 jam.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran sesuai kasus di atas adalah...- + T editMengolah limbah cair sebelum dibuang ke sungai
- + F editMembuat IPAL di setiap rumah
- + F editMelakukan uji kualitas air sungai
- + F editMenanam pohon lebih banyak di tepi sungai
- + T edit
- 26. + S 1 26 editPengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia, yaitu...
- + T editpH air harus dalam kondisi normal
- + F editAir bebas dari segala bakteri terutama bakteri phatogen
- + F editAir dan tidak berasa dan suhunnya berada di bawah suhu di luarnya
- + F editAir minum harus menggunakan zat tertentu dalam jumlah tertentu
- + T edit
- 27. + S 1 27 editPemberian pupuk urea di sawah secara berlebih akan terbawa air dan terkumpul di suatu perairan(misalnya danau, waduk) dapat menimbulkan eutrofikasi,yaitu terkonsentrasinya mineral di suatu perairan.Kondisi yang akan terjadi pada lingkungan yang tercemar oleh polutan ini adalah...
- + T editBlooming oleh enceng gondok
- + F editBerkembangnya lumut
- + F editBerkembangnya ikan kecil
- + F editBerkembangnya udang-udangan
- + T edit
- 28. + S 1 28 editPemanasan global juga berdampak serius terhadap ekologi. Salah satu contoh dampak pemanasan global di bidang ekologi adalah...
- + T editPerubahan habitat beruang laut
- + F editPenipisan lapisan ozon
- + F editMencainya es dan gletser
- + F editPerubahan pola cuaca
- + T edit
- 29. + S 1 29 editGas pencemar udara yang menyebabkan pusing, gangguan saraf dan pingsan adalah...
- 30. + S 1 30 editKomponen pada penggunaan alat transportasi yang menyebabkan terjadinya peningkatan suhu udara adalah...
0 Komentar