soal: 40 = + 40 S
- 1. + S 1 1 edit“Singa, berapakah jumlah rakyatmu!” tanya si Luwak madu.
Perbaikan penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ….- + T edit“Singa, berapakah jumlah rakyatmu?” tanya si Luwak madu.
- + F editSinga, berapakah jumlah rakyatmu, tanya si Luwak madu.
- + F edit“Singa, berapakah jumlah rakyatmu!” tanya si Luwak madu
- + F edit“Singa, berapakah jumlah rakyatmu.” tanya si Luwak madu.
- + T edit
- 2. + S 1 2 edit
Bagian rumpang pada kutipan surat dinas tersebut dapat diisi dengan …- + T editDemikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Teman-teman, kami ucapkan terima kasih.
- + F editDemikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan agar ditaati oleh semua pengurus OSIS tanpa kecuali.
- + F editSekian surat undangan ini kami sampaikan dengan sebenar benarnya agar dihadiri oleh semua pengurus OSIS.
- + F editSekian surat undangan ini kami kirimkan dengan sungguh-sungguh agar Teman-teman dapat hadir tepat waktu.
- + T edit
- 3. + S 1 3 editTanggapan penggunaan bahasa dalam buku fiksi terdapat pada …
- + T editNovel ”Burlian” karya Tere Liye menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para remaja.
- + F editBuku berjudul “Dari Sampah jadi Duit” berisi tips dan trik keterampilan yang bisa menghasilkan uang.
- + F editDalam novel “Guru Aini” sang penulis, Andrea Hirata, mengajak kita menyelami kembali dunia pendidikan Indonesia.
- + F editBuku terbitan Disney tersebut sejalan dengan filmnya mengajak anak-anak untuk berfantasi ke dunia dongeng.
- + T edit
- 4. + S 1 4 edit
Unsur surat dinas untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah … - 5. + S 1 5 edit
Bagian bab buku dalam daftar isi buku tersebut adalah …- + T editMengenal wanita dalam pewayangan
- + F editFungsi Wanita dalam wayang Jawa
- + F editAjaran tentang Cahaya dalam pewayangan
- + F editSupraba dan Arjuna dalam pewayangan Jawa
- + T edit
- 6. + S 1 6 editPerhatikan kutipan surat berikut ini!
Keperluan surat dinas tersebut adalah ….- + T editUndangan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Kepala Dinas Pariwisata
- + F editPermohonan bantuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Dinas Pariwisata
- + F editKeinginan kerja sama Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Dinas Pariwisata
- + F editPermohonan undangan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Dinas Pariwisata
- + T edit
- 7. + S 1 7 editPerhatikan kutipan teks fabel berikut ini!
Kirana si Kura-kura yang tinggal di dekat hutan kali ini datang ke kota. Ia mendatangi balai kota untuk mengurus perijinan pemasangan pipa air baru di rumahnya. Kebetulan petugas pelayanan yang sedang berjaga Bu Kancil tetangga kura-kura. “Kura-kura, apa yang bisa kubantu?” kata Bu Kancil menyapa dengan riang.
“Mmm begini Bu Kancil, kebetulan saya ingin memperbaiki dapur dan ingin menambah pipa air. Bisakah saya mengajukan izin?”
Mata Bu Kancil berbinar sambil tersenyum lebar
Bukti bahwa kutipan fabel tersebut termasuk fabel adaptasi adalah ….- + T edittokoh binatang memperbaiki dapur
- + F edittokoh bisa bergerak
- + F edittokoh berupa kura-kura
- + F edittokoh merasa bersemangat
- + T edit
- 8. + S 1 8 editPerhatikan kutipan teks fabel berikut ini!
Merpati terheran-heran dengan sikap Bangau pagi ini. Biasanya ia mau diajak terbang bersama ke sekolah, [...] kali ini Bangau memilih berjalan bersama dengan Kura-kura si murid baru.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi fabel tersebut adalah …. - 9. + S 1 9 editPerhatikan puisi rakyat berikut ini!
Lihatlah di sana hewan kukang
Hewan dengan gerakan lamban
Jika kita ingin pintar
Sedari dini harus belajar
Saat engkau berjalan-jalan
Nikmatilah pemandangan
Lihatlah itu monyet bergincu
Sebagai tanda hewan yang lucu
Bait yang sesuai dengan ciri-ciri gurindam adalah … - 10. + S 1 10 editPertanyaan yang sesuai untuk pembaca buku nonfiksi adalah …
- + T editApa bidang ilmu yang dibahas dalam buku?
- + F editBagaimana pengarang mengembangkan latar cerita?
- + F editBagaimana pengarang menggambarkan watak tokoh?
- + F editApakah bahasanya memiliki keunikan untuk membangun cerita?
- + T edit
- 11. + S 1 11 editUnsur yang hanya terdapat dalam buku fiksi adalah …
- + T editTokoh dan penokohan
- + F editBagian cover buku
- + F editRincian subbab buku
- + F editBahasa yang digunakan
- + T edit
- 12. + S 1 12 edit
Tanggapan dari peta konsep buku tersebut adalah …- + T editLimbah ternyata punya potensi besar untuk menghasilkan uang
- + F editPenerapan buku ini nyatanya sangat sulit
- + F editBuku ini sangat membantu mengurangi limbah
- + F editKeberadaan limbah harus diolah agar mengurangi pencemaran lingkungan
- + T edit
- 13. + S 1 13 edit
Komentar yang tepat terhadap isi buku tersebut adalah ….- + T editRintangan, tantangan, bahkan musuh terbesar memiliki potensi untuk membantu kita
- + F editLawan terbesar justru diri kita sendiri melawan musuh kita
- + F editJangan remehkan orang yang lemah karena akan bisa membalas dendam
- + F editManfaatkan musuh kita untuk membuat kita berhasil seperti Judy Hopps
- + T edit
- 14. + S 1 14 edit
Rangkuman alur buku tersebut adalah …- + T editJudy si kelinci yang berita-cita menjadi polisi berhasil mewujudkannya dengan berbagai rintangan, tantangan, dan bantuan bahkan dari musuhnya.
- + F editSeekor kelinci sebagai hewan herbivora selalu kesulkitan mewujudkan cita- citanya seperti Judy.
- + F editTantangan dan hambatan bisa dimanfaatkan oleh Nick si rubah licik dengan bantuan kelinci Judy.
- + F editKelinci juga memiliki cita-cita luhur mengabdikan diri untuk negaranya dengan berbagai tantangan yang bisa membuatnya menyerah.
- + T edit
- 15. + S 1 15 edit
Pokok isi buku tersebut adalah …- + T editBuku tersebut memberikan gambaran tentang sejarah uang di Indonesia
- + F editUang masa lalu dibandingkan dengan uang modern
- + F editMata uang sangat beragam mulai dari logam hingga kertas
- + F editUang memang memiliki histori yang rumit dan pelik sesuai perjalanan bangsa.
- + T edit
- 16. + S 1 16 edit
Bagian subbab buku dalam daftar isi buku tersebut adalah …- + T editMengidentifikasi informasi laporan percobaan
- + F editMelaporkan hasil percobaan
- + F editMenyampaikan pidato persuasif
- + F editMenyusun cerita pendek
- + T edit
- 17. + S 1 17 editData berikut yang menunjukkan identitas buku adalah …
- + T editjudul buku, pengarang, tahun terbit, penerbit, kota terbit
- + F editpenerbit, kota terbit, tahun terbit, tebal buku
- + F editpengarang, penerbit, alamat penerbit, ukuran buku
- + F editjudul pengarang, identitas penerbit, tahun terbit, ukuran buku
- + T edit
- 18. + S 1 18 editPenulisan penutup surat dinas yang tepat adalah …
- + T editDemikian surat ini kami kirimkan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
- + F editAtas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan beribu terima kasih.
- + F editDemikian surat ini kami kirimkan, atas perhatiannya kami haturkan terima kasih.
- + F editAtas perhatian dan kerjasama Bapak, kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.
- + T edit
- 19. + S 1 19 editPenulisan alamat tujuan surat dinas yang benar adalah …
- + T editYth. CEO Amal Mulia Foundation
Jalan Bantul 105, Sewon, Bantul - + F editYth. CEO Amal Mulia Foundation
Jalan Bantul 105 Sewon Bantul - + F editKepada CEO Amal Mulia Foundation
Jalan Bantul 105 Sewon Bantul - + F editYth. Bapak CEO Amal Mulia Foundation
Jalan Bantul Nomer 105, Sewon, Bantul
- + T edit
- 20. + S 1 20 editYesika ingin meminta izin menginap selama liburan kenaikan kelas di rumah sahabatnya Dewi. Ia ingin mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah di Yogyakarta dan ingin membuat vlog di sana.
Penulisan isi surat pribadi sesuai ilustrasi tersebut adalah …- + T editDewi, aku ingin berkeliling ke tempat wisata sejarah di Yogyakarta selama liburan kenaikan kelas. Aku akan membuat vlog memperkenalkan tempat wisata sejarah di Yogakarta. Selama itu bolehkah aku menginap di rumahmu?
- + F editHai Dewi, apa kabar? Baik-baik saja bukan? Dewi bolehkah aku menginap selama liburan kenaikan kelas? Aku akan mengajakmu berkeliling Yogyakarta dan membuat vlog bersama. Kamu pasti suka.
- + F editAku tahu Dewi teman terbaikku. Jadi pasti kau izinkan aku menginap di rumahmu selama liburan kenaikan kelas. Kita akan berkeliling Yogyakarta ke tempat-tempat wisata sejarah. Kamu pasti senang deh.
- + F editDewi, tunggu aku pada liburan kenaikan kelas ya. Aku pasti menginap di rumahmu selama liburan, tenang aku bayar kok. Kamu pasti suka kan kuajak ngevlog kamu akan terkanl sepertiku. Kamu pasti akan meniru membuat vlog.
- + T edit
- 21. + S 1 21 edit
Bukti kebahasaan yang menunjukkan kutipan tersbut surat pribadi yaitu ...- + T editPenggunaan kata loh
- + F editPenggunaan kata seru
- + F editPenggunaan kata diskon
- + F editPenggunaan kata ganti -nya
- + T edit
- 22. + S 1 22 edit
Unsur surat dinas yang mengalami kesalahan penulisan terdapat pada … - 23. + S 1 23 edit
Isi surat pribadi tersebut adalah …- + T editRetno Lestari menceritakan kemeriahan perayaan Hari Buku di sekolahnya di Bantul. Ia ingin berbagi cerita dengan sahabatnya di Tomohon.
- + F editRetno Lestari berharap sekolah Anjani juga merayakan Hari Buku dengan berbagai kegiatan lomba yang diadakan dengan meriah..
- + F editAnjani diharapkan menceritakan kemeriahan perayaan Hari Buku di sekolahnya yang pasti tidak kalah meriah dengan sekolah Retno Lestari.
- + F editPerayaan Hari Buku di sekolah-sekolah di Bantul pasti selalu meriah dan tidak kalah dengan perayaan di daerah lain seperti yang diceritakan oleh Retno Lestari.
- + T edit
- 24. + S 1 24 edit
Informasi yang terdapat dalam surat pribadi tersebut adalah …- + T editPerayaan Hari Buku di sekolah Retno Lestari berlangsung meriah dengan banyaknya lomba.
- + F editSetiap momen penting seperti Hari Buku di sekolah Retno Lestari perlu dirayakan dengan meriah.
- + F editKeinginan mendapatkan cerita tentang perayaan Hari Buku di sekolah-sekolah Tomohon Kota Bunga.
- + F editPerayaan Hari Buku di Tomohon pasti sangat meriah karena banyaknya sekolah yang sudah maju.
- + T edit
- 25. + S 1 25 editPengungkapan konflik batin terdapat pada kalimat….
- + T editElang Jawa merasa bersalah telah bersembunyi di hutan selama 20 tahun.
- + F editSinga dihadang oleh sekawanan Hyeina.
- + F editPerdamaian antara kancil dan siput membuat mereka bersahabat.
- + F editBangau akan selalu mendatangi sawah petani yang penuh cacing.
- + T edit
- 26. + S 1 26 editPerhatikan kutipan berikut ini!
Wombat, Dinggo, dan Kanguru adalah polisi baru di negeri Bineka Satwa. Penugasan pertama mereka telah menanti. Dengan seragam lengkap, topi terpasang rapi, dan lencana di dada kiri, memantapkan langkah mereka untuk menjadi abdi negara menjaga keamanan negeri Bineka Satwa. Di perempatan mereka berpisah. Wombat menuju posnya menjaga keamanan Distrik Kelinci, Dinggo menuju Distrik Marmut, dan Kanguru menuju Distrik Biri-biri.
Struktur teks fabel pada kutipan tersebut adalah … - 27. + S 1 27 editPenyajian latar waktu agar cerita menjadi lebih menarik adalah …
- + T editDi sebuah padang rumput yang mulai menguning, matahari membakar punggung para kuda.
- + F editPagi yang cerah, seekor rusa melompat kegirangan.
- + F editPada suatu hari Baruklinthing berjalan mengitari sebuah gunung.
- + F editPada zaman dahulu, hiduplah seekor keong yang ternyata seorang putri raja.
- + T edit
- 28. + S 1 28 editPerhatikan kutipan teks fabel berikut ini!
Kalkun sangat bosan dikejar-kejar oleh merpati. Merpati menanyakan bagaimana cara mendapatkan gelambir merah di dagu di bawah paruhnya. Karena kesalnya, akhirnya kalkun memberitahu merpati agar meletakkan bara api dari batang kayu kelor di bawah dagunya. Merpati menurutinya tanpa curiga bahwa ia telah dikerjai oleh si Kalkun. Akhirnya terbakarlah dagu merpati.
Amanat dari kutipan fabel tersebut adalah …- + T editBersyukurlah terhadap apa yang dimiliki.
- + F editRasa serakah mengalahkan persahabatan.
- + F editPertemanan dapat pula menjadi permusuhan
- + F editJangan mengkhianati karena alasan yang logis
- + T edit
- 29. + S 1 29 editPerhatikan kalimat langsung berikut ini!
“Hindari kepanikan pada kawanan zebra!” kata Simba kepada anak buahnya.
Perubahan menjadi kalimat tidak langsung yang tepat adalah …- + T editSimba memerintah kepada anak buahnya untuk menghindari kepanikan pada kawanan zebra.
- + F editSimba bertanya kepada anak buahnya agar menghindari kepanikan pada kawanan zebra.
- + F editSimba berkata kepada anak buahnya agar menghindari kepanikan pada kawanan zebra.
- + F editSimba berkata kepada anak buahnya hindari kepanikan pada kawanan zebra.
- + T edit
- 30. + S 1 30 editPerhatikan kutipan teks fabel berikut ini !
Lila si rusa berteriak kepada Kania si Zebra. “Ayo Kania bergegas, kita harus segera menuju sekolah.” “Sebentar lah Lil, PR ku belum selesai ini, ” jawab Kania. “Aduuh, kamu ke mana saja kemarin kok belum mengerjakan PR, jangan malas dong! Kata Lila menuding Kania. “Hoooh Lil, tolong dong kamu jangan berburuk sangka dulu. Biasanya kan aku juga tertib mengerjakan PR. Kemarin itu, aku membantu ibuku berjualan di pasar, ibuku sedang sakit Lil, itu tidur di kamar,” kata Lila sambil memandang kamar ibunya.
Tema kutipan fabel tersebut adalah ….- + T editjangan mudah berburuk sangka
- + F editsaling membantu dalam belajar
- + F editjanganlah malas dalam belajar
- + F editmari membantu orang tua
- + T edit
- 31. + S 1 31 editPerhatikan kutipan teks fabel berikut ini !
Kirana si Kura-kura yang tinggal di dekat hutan kali ini datang ke kota. Ia mendatangi balai kota untuk mengurus perijinan pemasangan pipa air baru di rumahnya. Kebetulan petugas pelayanan yang sedang berjaga Bu Kancil tetangga kura-kura. “Kura-kura, apa yang bisa kubantu?” kata Bu Kancil menyapa dengan riang.
“Mmm begini Bu Kancil, kebetulan saya ingin memperbaiki dapur dan ingin menambah pipa air. Bisakah saya mengajukan izin?”
Mata Bu Kancil berbinar sambil tersenyum lebar
Kutipan teks tersebut menunjukkan ciri fabel yang berupa ….- + T editTokoh adalah para binatang
- + F editRangkaian peristiwa sebab-akibat
- + F editTokoh bisa memakai baju manusia
- + F editMenggunakan latar tempat di balai kota
- + T edit
- 32. + S 1 32 editPerhatikan pantun berikut ini!
Jika engkau cerdik cendekia
Binatang apa ciri khas Sulawesi
Balasan pantun yang tepat untuk melengkapi kutipan isi pantun tersebut adalah ….- + T editSiapa kekurangan zat besi
Badan pastilah lemas rasanya
Hewan khas Pulau Sulawesi
Itulah anoa namanya - + F editTidur di bawah selimut
Sangat nyaman saat dingin cuaca
Tersebutlah hewan pemakan semut
Dialah anteater namanya - + F editBahan kolak pastinya ada santan
Kolang kalingnya jangan dilupa
Ada monyet khas Kalimantan
Itulah bekantan namanya - + F editHati-hati bermain tali rami
Untuk mengikat tanaman tomat
Hewan kukang itu namanya
Yang geraknya sangat lambat
- + T edit
- 33. + S 1 33 editPerhatikan syair berikut ini!
Mari belajar membuat […]
Roti ditata di atas papan
Mari belajar tiada henti
Tuk menyiapkan masa […]
Kata yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …. - 34. + S 1 34 editPerhatikan gurindam berikut ini!
Jika kamu ingin berilmu
Jangan jemu belajar sepanjang […]
Baris gurindam tersebut dapat dilengkapi dengan …. - 35. + S 1 35 editPerhatikan pantun berikut ini!
Menanam bunga alih-alih perdu
Agar indah kita punya taman
Literasi dikuatkan sungguh perlu
[…] kita ingin luas wawasan
Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pantun tersebut adalah …. - 36. + S 1 36 editPantun jenaka terdapat pada ….
- + T editLiburan ke pantai Goa Cemara
Di sana kita duduk bersantai
Siapa pula takkan tertawa
Melihat monyet memakai gawai - + F editNenek berjalan bersama cucu
Ngabuburit menunggu berbuka
Jika engkau suka melucu
Berlatihlah menjadi komika - + F editMenuang sirup dalam gelas kaca
Lebih segar ditambahkan es
Mari biasakan suka membaca
Sebagai jalan menuju sukses - + F editSore-sore makan kebab
Lebih nikmat ditambah sambal
Siapa tahu silakan jawab
Seperti apa alat musik simbal
- + T edit
- 37. + S 1 37 editSyair yang berisi ajakan untuk berjiwa nasionalis adalah ….
- + T editWahai para pemuda pemudi
Dengan semangat tiada terperi
Mari kita cintai negeri
Dengan wujudkan toleransi - + F editWahai para kaum muda
Semangat capailah cita-cita
Tuk menuju masa depan jaya
Dengan karier yang menjulang nyata - + F editTersebutlah suatu negara
Yang bernama Indonesia
Di sana banyak suku bangsa
Dengan beragam bahasa - + F editBarang siapa suka menolong
Hidupnya nyaman tanpa bohong
Saat kebaikan menjadikan sombong
Engkau bagaikan serigala melolong
- + T edit
- 38. + S 1 38 editPerhatikan pantun berikut ini!
Lebaran makan kue ketan
Diberi santan lalu nikmati
Sebaiknya kita peduli kesehatan
Demi hadapi masa pandemi
Pantun tersebut mengandung kalimat saran karena adanya ….- + T editkata “sebaiknya” pada baris ketiga
- + F editkata “makan” pada baris pertama
- + F editkata kerja “diberi” pada baris kedua
- + F editkata “demi” pada baris keempat
- + T edit
- 39. + S 1 39 editPantun yang menggunakan kalimat majemuk hubungan syarat adalah ….
- + T editJalan-jalan bertemu kucing dekil
Kubawa pulang dan kumandikan
Jika kelak ingin berhasil
Perbanyak belajar dan berkawan - + F editLebaran makan opor ketupat
Jangan lupa ditambah sayurannya
Agar lingkungan sekolah sehat
Mari kita jaga kebersihannya - + F editSiang-siang makan acar
Manis asam segar rasanya
Mari kawan kita rajin belajar
Karena kita generasi bangsa - + F editKelapa muda telah terbelah
Segera nikmati bersama gorengan
Walaupun banyak tugas sekolah
Tetaplah semangat demi masa depan
- + T edit
- 40. + S 1 40 editPerhatikan puisi rakyat berikut ini!
Kota bunga kota Tomohon
Bunga dirangkai bersama kenari
Mari mulai menanam pohon
Agar bumi kita makin lestari
Dilihat dari ciri-cirinya, puisi rakyat tersebut adalah ….
0 Komentar