Ticker

6/recent/ticker-posts

Latihan PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Tahun Ajaran 2021 - 2022

 


soal: 40 = + 40 S


  • 1. + S 1 1         edit

    Puisi rakyat yang bersajak a-a, b-b, c-c disebut ...
    1. + T     edit

      gurindam
    2. + F     edit

      pantun
    3. + F     edit

      syair
    4. + F     edit

      lirik


  • 2. + S 1 2         edit

    Bacalah puisi rakyat berikut!
    Anak nelayan menangkap pari
    Sampan karam melanggar karang
    Amatlah malang nasibku ini
    Ayah tiada ibu pun berpulang


    Puisi rakyat di atas termasuk...
    1. + T     edit

      pantun
    2. + F     edit

      gurindam
    3. + F     edit

      puisi
    4. + F     edit

      syair


  • 3. + S 1 3         edit

    Bacalah puisi rakyat berikut!
    Anak nelayan menangkap pari
    Sampan karam melanggar karang
    Amatlah malang nasibku ini
    Ayah tiada ibu pun berpulang


    Puisi rakyat di atas bersajak…
    1. + T     edit

      a-b-a-b
    2. + F     edit

      a-a-a-a
    3. + F     edit

      a-a-b-b
    4. + F     edit

      b-b-b-b


  • 4. + S 1 4         edit

    Perhatikan pantun berikut!
    Aduh-aduh si burung … (1)
    Bulunya lebat seperti … (2)
    Aku dengar adik … (3)
    Punya sahabat yang suka … (4)


    Kata yang tepat digunakan untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
    1. + T     edit

      (1) bangau, (2) mantel, (3) galau, (4) bandel
    2. + F     edit

      (1) jalak, (2) hujan, (3) galau, (4) usil
    3. + F     edit

      (1) kenari, (2) sapu, (3) suara, (4) pujaan
    4. + F     edit

      (1) bangau, (2) jaket, (3) galau, (4) jail


  • 5. + S 1 5         edit

    Berikut ini yang termasuk fungsi pantun, kecuali …
    1. + T     edit

      sebagai pengantar tidur
    2. + F     edit

      untuk hiburan
    3. + F     edit

      untuk memulai suatu permainan
    4. + F     edit

      sebagai alat pengendali sosial


  • 6. + S 1 6         edit

    Bacalah puisi rakyat berikut!
    Jika hendak mengenal orang mulia
    Lihatlah kepada kelakuan dia


    Puisi rakyat di atas bersajak…
    1. + T     edit

      a-a,b-b,c-c
    2. + F     edit

      ab-ab-ab
    3. + F     edit

      a-a-a-a
    4. + F     edit

      a-b-a-b


  • 7. + S 1 7         edit

    Bacalah puisi rakyat berikut!
    Jika hendak mengenal orang mulia
    Lihatlah kepada kelakuan dia


    Maksud isi puisi tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      Kemuliaan dan derajat seseorang terlihat dari kelakuannya sehari-hari
    2. + F     edit

      Kemuliaan seseorang bergantung pada derajat sosialnya
    3. + F     edit

      Lihatlah kelakuan sehari-hari orang mulia yang kita kenal.
    4. + F     edit

      Kenalilah kemuliaan seseorang dari kehidupanya setiap hari.


  • 8. + S 1 8         edit

    Perhatikan pernyataan berikut ini!
    (1) Bersajak a-a-a-a.
    (2) Jumlah kata tiap baris bebas
    (3) Semua baris berisi isi
    (4) Tiap baris terdiri dari 8 sampai 10 suku kata

    Ciri-ciri syair ditandai oleh nomor . . . .
    1. + T     edit

      (1) dan (3)
    2. + F     edit

      (1) dan (4)
    3. + F     edit

      (2) dan (3)
    4. + F     edit

      (2) dan (4)


  • 9. + S 1 9         edit

    Perhatikan larik-larik pantun berikut!
    1).Mendapat kawan senang rasanya
    2).Ikan laut enak rasanya
    3).Bila dimasak dan dimakan
    4).Tentu boleh kita berkenalan

    Susunlah larik pantun di atas dengan benar . .
    1. + T     edit

      2 – 3 – 1 – 4
    2. + F     edit

      4 – 3 – 2 – 1
    3. + F     edit

      1 – 3 – 2 – 4
    4. + F     edit

      4 – 2 – 1 – 3


  • 10. + S 1 10         edit

    Bacalah puisi berikut!
    Janganlah menunda pekerjaan
    Hindari menyia-nyiakan waktu


    Larik pertama gurindam tersebut menggunakan kalimat ….
    1. + T     edit

      larangan
    2. + F     edit

      anjuran
    3. + F     edit

      ajakan
    4. + F     edit

      perintah


  • 11. + S 1 11         edit

    Bacalah puisi berikut!
    Janganlah menunda pekerjaan
    Hindari menyia-nyiakan waktu


    Larik kedua gurindam tersebut menggunakan kalimat…
    1. + T     edit

      anjuran
    2. + F     edit

      ajakan
    3. + F     edit

      larangan
    4. + F     edit

      perintah


  • 12. + S 1 12         edit

    Perhatikan puisi berikut!
    Kalau mau makan sukun
    Jangan lupa makan kedondong
    Kalau mau hidup rukun
    Jangan lupa tolong-menolong.


    Puisi rakyat di atas bermakna…
    1. + T     edit

      Sebagai manusia kita haru hidup rukun dan tolong menolong
    2. + F     edit

      Kita harus memakan sukun dan kedondong
    3. + F     edit

      Kita harus hidup rukun
    4. + F     edit

      Kita harus tolong menolong


  • 13. + S 1 13         edit

    Perhatikan puisi berikut!
    Kalau mau makan sukun
    Jangan lupa makan kedondong
    Kalau mau hidup rukun
    Jangan lupa tolong-menolong.


    Kalimat kedua dan kalimat keempat pada puisi rakyat di atas menggunakan jenis kalimat…
    1. + T     edit

      larangan
    2. + F     edit

      anjuran
    3. + F     edit

      ajakan
    4. + F     edit

      perintah


  • 14. + S 1 14         edit

    Perhatikan puisi rakyat berikut!
    Pilihlah salak yang besar-besar
    Salak bau harum kulitnya
    Jadilah anak yang rajin belajar
    Kelak engkau banyak ilmunya.


    Struktur pantun di atas yang termasuk dalam sampiran terdapat pada baris…
    1. + T     edit

      (1) dan (2)
    2. + F     edit

      (2) dan (4)
    3. + F     edit

      (1) dan (3)
    4. + F     edit

      (2) dan (3)


  • 15. + S 1 15         edit

    Perhatikan puisi rakyat berikut!
    Pilihlah salak yang besar-besar
    Salak bau harum kulitnya
    Jadilah anak yang rajin belajar
    Kelak engkau banyak ilmunya.


    Makna pantun di atas adalah….
    1. + T     edit

      Agar mendapatkan ilmu yang banyak maka harus rajin belajar
    2. + F     edit

      Harus memiliki ilmu yang banyak
    3. + F     edit

      Harus rajin belajar
    4. + F     edit

      Harus memilih salak yang besar-besar.


  • 16. + S 1 16         edit

    Perhatikan puisi rakyat berikut!
    Pilihlah salak yang besar-besar
    Salak bau harum kulitnya
    Jadilah anak yang rajin belajar
    Kelak engkau banyak ilmunya.


    Kalimat ketiga pada pantun tersebut merupakan jenis kalimat…
    1. + T     edit

      anjuran
    2. + F     edit

      ajakan
    3. + F     edit

      larangan
    4. + F     edit

      perintah


  • 17. + S 1 17         edit

    Bacalah syair berikut!
    Carilah ilmu yang bermanfaat
    Janganlah menyerah sampai kau dapat
    Gunakanlah ilmu secara tepat
    Agar berguna bagi masyarakat


    Pesan yang terkandung dalam syair tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Terus belajar supaya ilmunya bermanfaat untuk semuanya
    2. + F     edit

      Tak ada kata menyerah dalam mencari ilmu sampai mati
    3. + F     edit

      Carilah ilmu sampai tua atau tiang lahat
    4. + F     edit

      Gunakanlah ilmu untuk mencari kekayaan


  • 18. + S 1 18         edit

    Perhatikan kutipan gurindam berikut!
    “Apabila mendengar akan kabar,
    menerimanya itu hendaklah sabar”


    Nilai moral yang yang dapat diambil dari kutipan gurindam tersebut adalah ….
    1. + T     edit

      Bila menerima kabar atau berita harus dengan kepala dingin dan ditelaah dengan benar
    2. + F     edit

      Janganlah mudah percaya pada kabar atau berita yang belum jelas kebenarannya.
    3. + F     edit

      Terimalah kabar atau berita dengan lapang dada meskipun itu kabar duka
    4. + F     edit

      Jika ada kabar atau berita yang bukan berkaitan diri kita hendakah abaikan saja


  • 19. + S 1 19         edit

    Cermati syair berikut!

    Kabarnya orang empunya termasa
    Baginda itulah raja perkasa
    Tiadalah ia merasa susah
    Entahlah kepada esok [ … ] lusa


    Konjungsi yang tepat untuk melengkapi syair tersebut adalah …
    1. + T     edit

      atau
    2. + F     edit

      dan
    3. + F     edit

      tetapi
    4. + F     edit

      agar


  • 20. + S 1 20         edit

    Cermatilah jawaban gurindam berikut dengan seksama!

    [ …… ]
    maka dia itulah orang yang ma’rifat.



    Larik yang tepat untuk melengkapi bagian syarat gurindam tersebut adalah …
    1. + T     edit

      Barang siapa mengenal yang empat
    2. + F     edit

      Buanglah barang yang tak berguna
    3. + F     edit

      Barang siapa mengenal diri
    4. + F     edit

      Barang siapa tiada beragama


  • 21. + S 1 21         edit

    Salah satu cerita fiksi yang di dalamnya menggunakan tokoh binatang dan memiliki nilai moral bagi pembaca merupakan pengertian dari teks…
    1. + T     edit

      Teks cerita fabel
    2. + F     edit

      Teks deskripsi
    3. + F     edit

      Teks cerita pendek
    4. + F     edit

      Teks naratif


  • 22. + S 1 22         edit

    Unsur pembangun cerita fabel terdapat unsur latar yang terbagi menjadi tiga. Latar yang menjelaskan mengenai kapan terjadinya suatu peristiwa merupakan latar …
    1. + T     edit

      Latar waktu
    2. + F     edit

      Latar suasana
    3. + F     edit

      Latar tempat
    4. + F     edit

      Latar sosial-budaya


  • 23. + S 1 23         edit

    Jenis cerita fabel apakah yang memberikan watak tokoh dengan mengubah watak aslinya pada dunia nyata dan menggunakan tempat-tempat lain sebagai latar misalnya di rumah, di jalan raya, disebut ...
    1. + T     edit

      fabel adaptasi
    2. + F     edit

      fabel alami
    3. + F     edit

      fabel klasik
    4. + F     edit

      fabel oriental


  • 24. + S 1 24         edit

    Bacalah teks berikut ini!

    Keesokan harinya, dia mengundang monyet ke rumahnya untuk makan malam dengan alasan istrinya ingin bertemu dengannya. Monyet itu senang dan ingin datang, tetapi dia tidak bisa berenang, jadi buaya membawanya di punggungnya. Buaya itu senang bahwa dia telah menipu monyet itu, namun, diperjalanan dia mengatakan alasan sebenarnya untuk membawa pulang monyet itu untuk mengambil jantunya. Monyet pintar itu berkata, “Seharusnya kamu memberi tahu saya sebelumnya, saya meninggalkan jantung saya di pohon. Kita harus kembali dan mengambilnya. “ Buaya percaya padanya dan membawanya kembali ke pohon. Sesampainya di pohon monyet segera memanjat dan menyelamatkan hidupnya.

    Pada penggalan cerita tersebut amanat apa yang dapat diambil ...
    1. + T     edit

      Jangan suka berbohong
    2. + F     edit

      Jangan menjadi orang yang sombong
    3. + F     edit

      Jika teman mengalami kesusahan tidak dibantu
    4. + F     edit

      Membantu teman yang sedang kesusahan


  • 25. + S 1 25         edit

    Bacalah teks berikut ini!

    Sebuah taman yang indah menjadi tempat tinggal kelinci-kelinci yang cantik. Kelinci itu terlihat sangat menggemaskan. Warna mereka yang putih bersih membuat mereka terlihat semakin lucu. Kelinci-kelinci itu sedang asyik memakan wortel dan sayur-sayuran sambil bercerita tentang kehidupan mereka masing-masing. Ternyata, salah satu sifat kelinci adalah penakut.

    Pada penggalan cerita di atas, dimana latar tempat dari cerita fabel tersebut ...
    1. + T     edit

      Di sebuah taman
    2. + F     edit

      Di hutan
    3. + F     edit

      Di sungai
    4. + F     edit

      Di kolam


  • 26. + S 1 26         edit

    Di dalam menceritakan kembali cerita fabel tahap apa yang harus dilakukan pertama kali ...
    1. + T     edit

      Menentukan tema/ide cerita
    2. + F     edit

      Menentukan latar
    3. + F     edit

      Menentukan amanat
    4. + F     edit

      Langsung menuliskan cerita


  • 27. + S 1 27         edit

    Apa yang perlu dilakukan pada saat menentukan rangkaian urutan cerita ...
    1. + T     edit

      Menuliskan kalimat pokok disetiap paragraf
    2. + F     edit

      Membaca secara keseluruhan
    3. + F     edit

      Menuliskan kalimat penjelas di dalam cerita
    4. + F     edit

      Menuliskan kalimat langsung di dalam cerita


  • 28. + S 1 28         edit

    Bacalah penggalan cerita berikut!
    Langit sudah gelap, puluhan lebah pun bergegas kembali kesarangnya. Keluarga lebah selalu bergegas pagi-pagi dan pulang saat langit sudah gelap untuk mencari madu di taman bunga sebagai bahan makanan mereka. Bee merupakan lebah terkecil, yang selalu merasa lelah sepulang dari mencari madu. Saat itu Bee merasa sangat letih namun Sang Ratu lebah memaksa Bee untuk bekerja merapikan madu-madu yang telah ia bawa. Bee berusaha menolak namun Ratu tetap memaksanya.

    Latar waktu dari penggalan cerita di atas adalah…
    1. + T     edit

      Malam hari
    2. + F     edit

      Dini hari
    3. + F     edit

      Pagi hari
    4. + F     edit

      Siang hari


  • 29. + S 1 29         edit

    Bacalah penggalan cerita berikut!
    Langit sudah gelap, puluhan lebah pun bergegas kembali kesarangnya. Keluarga lebah selalu bergegas pagi-pagi dan pulang saat langit sudah gelap untuk mencari madu di taman bunga sebagai bahan makanan mereka. Bee merupakan lebah terkecil, yang selalu merasa lelah sepulang dari mencari madu. Saat itu Bee merasa sangat letih namun Sang Ratu lebah memaksa Bee untuk bekerja merapikan madu-madu yang telah ia bawa. Bee berusaha menolak namun Ratu tetap memaksanya.

    Latar tempat terjadinya cerita di atas adalah…
    1. + T     edit

      Sarang lebah
    2. + F     edit

      Taman bunga
    3. + F     edit

      Pohon besar
    4. + F     edit

      Istana


  • 30. + S 1 30         edit

    Bacalah penggalan cerita berikut!
    Langit sudah gelap, puluhan lebah pun bergegas kembali kesarangnya. Keluarga lebah selalu bergegas pagi-pagi dan pulang saat langit sudah gelap untuk mencari madu di taman bunga sebagai bahan makanan mereka. Bee merupakan lebah terkecil, yang selalu merasa lelah sepulang dari mencari madu. Saat itu Bee merasa sangat letih namun Sang Ratu lebah memaksa Bee untuk bekerja merapikan madu-madu yang telah ia bawa. Bee berusaha menolak namun Ratu tetap memaksanya.

    Watak Sang Ratu pada penggalan cerita di atas adalah…
    1. + T     edit

      Memaksakan kehendak
    2. + F     edit

      Baik hati
    3. + F     edit

      Sombong
    4. + F     edit

      Tidak suka menolong


  • 31. + S 1 31         edit

    Struktur cerita fabel yang menjelaskan awal mula cerita disebut…
    1. + T     edit

      Orientasi
    2. + F     edit

      Klimaks
    3. + F     edit

      Koda
    4. + F     edit

      Resolusi


  • 32. + S 1 32         edit

    Struktur yang teks cerita fabel yang menjelaskan puncak dari cerita fabel disebut…
    1. + T     edit

      Komplikasi
    2. + F     edit

      Orientasi
    3. + F     edit

      Resolusi
    4. + F     edit

      Koda


  • 33. + S 1 33         edit

    Apa yang terjadi di tahap resolusi pada teks cerita fabel ...
    1. + T     edit

      Penyelesaian masalah
    2. + F     edit

      Awal mula cerita
    3. + F     edit

      Munculnya masalah
    4. + F     edit

      Puncak permasalah cerita


  • 34. + S 1 34         edit

    Bacalah cerita fabel berikut!
    Di suatu hutan yang lebat, tinggalah sekelompok harimau yang menjadi menguasa hutan itu. Harimau-harimau itu setiap hari membagi tugasnya untuk mendapatkan mangsa. Tiger merupakan salah satu harimau yang sangat pemberani namun memiliki hati yang baik. Pada suatu sore Tiger yang sedang berjalan sambal mencari mangsa melihat seekor ular yang sedang tertimpa pohon yang besar.

    Penggalan cerita di atas termasuk dalam struktur bagian …
    1. + T     edit

      Orientasi
    2. + F     edit

      Resolusi
    3. + F     edit

      Koda
    4. + F     edit

      Komplikasi


  • 35. + S 1 35         edit

    Bacalah cerita fabel berikut ini!
    Rubah terus mengejar Kelinci. Sang Rubah tidak menyerah begitu saja. Rubah itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti sehingga dia mampu mengejar Sang Kelinci tanpa kelelahan. Meskipun demikian sang Kelinci melompat dengan sangat cepat menghindari kejaran Rubah. Sang Rubah kehilangan jejak Kelinci. Rubah mulai mengendus-ngendus bau sang Kelinci. Tidak lama kemudian dia menemukan Kelinci itu. Kini dia mengejarnya lebih cepat dari sebelumnya, tetapi sang Kelinci itu tidak dapat dia kejar. Akhirnya, Rubah itu menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap Kelinci itu lagi.

    Penggalan cerita di atas termasuk dalam struktur bagian …
    1. + T     edit

      Komplikasi
    2. + F     edit

      Resolusi
    3. + F     edit

      Koda
    4. + F     edit

      Orientasi


  • 36. + S 1 36         edit

    "Kasihan sekali kamu, Kepompong. Tidak bisa ke mana-mana. Lihatlah. Aku bisa pergi ke mana pun aku mau,"

    Kalimat di atas merupakan kalimat…
    1. + T     edit

      Kalimat langsung
    2. + F     edit

      Kalimat tidak langsung
    3. + F     edit

      Kalimat persuasi
    4. + F     edit

      Kalimat imajinatif


  • 37. + S 1 37         edit

    Bacalah cerita fabel berikut ini!
    Suatu hari, Semut Merah hendak mencari makanan. Wajahnya terlihat sedikit murung. Rupanya hujan turun semalaman. Pasti ia … kesulitan mencari makan. Begitu pikirnya, … ia ingat dengan kepompong yang bisa diejeknya, ia berubah menjadi senang. Sayangnya, … ia melewati ranting tempat kepompong menggelantung, kepompong itu sudah tidak ada. "Ke mana perginya kepompong?" gumam Semut Merah. Ia kesal karena tak bisa mengejek kepompong.

    Lengkapilah paragraf rumpang pada teks cerita fabel di atas ...
    1. + T     edit

      akan-ketika-saat
    2. + F     edit

      Ketika-saat-sebab
    3. + F     edit

      Akan-sebab-tetapi
    4. + F     edit

      Segera-saat-sebab


  • 38. + S 1 38         edit

    Perhatikan penggalan cerita fabel berikut ini!
    Pada suatu sore yang cerah, serigala merasa lapar. Ia hendak mencari mangsa di padang rumput. Serigala tahu, jika sore tiba, ada banyak kambing di sana. Tapi, begitu ia sampai ke padang rumput, tidak ada siapa-siapa. Hanya rumput yang tertiup angin. "Hei, serigala! Kami di atas sini!" teriak induk kambing, memanggil serigala yang berada di padang rumput.

    Kalimat yang dicetak miring merupakan kalimat…
    1. + T     edit

      Keterangan
    2. + F     edit

      Langsung
    3. + F     edit

      Tidak langsung
    4. + F     edit

      Penghubung


  • 39. + S 1 39         edit

    Ciri dari kalimat langsung adalah…
    1. + T     edit

      Menggunakan tanda petik (“…”)
    2. + F     edit

      Menggunakan tanda titik koma (;)
    3. + F     edit

      Menggunakan tanda titik (.)
    4. + F     edit

      Menggunakan tanda petik satu (‘…’)


  • 40. + S 1 40         edit

    Salah satu ciri kalimat tidak langsung adalah…
    1. + T     edit

      Terdapat perubahan kata ganti
    2. + F     edit

      Menggunakan tanda petik (“…”)
    3. + F     edit

      Menggunakan tanda titik koma (;)
    4. + F     edit

      Menggunakan tandan petik satu (‘…’)

Posting Komentar

0 Komentar