soal: 40 = + 40 S
- 1. + S 1 1 editPuisi rakyat yang bersajak a-a, b-b, c-c disebut ...
- 2. + S 1 2 editBacalah puisi rakyat berikut!
Anak nelayan menangkap pari
Sampan karam melanggar karang
Amatlah malang nasibku ini
Ayah tiada ibu pun berpulang
Puisi rakyat di atas termasuk... - 3. + S 1 3 editBacalah puisi rakyat berikut!
Anak nelayan menangkap pari
Sampan karam melanggar karang
Amatlah malang nasibku ini
Ayah tiada ibu pun berpulang
Puisi rakyat di atas bersajak… - 4. + S 1 4 editPerhatikan pantun berikut!
Aduh-aduh si burung … (1)
Bulunya lebat seperti … (2)
Aku dengar adik … (3)
Punya sahabat yang suka … (4)
Kata yang tepat digunakan untuk melengkapi pantun tersebut adalah …- + T edit(1) bangau, (2) mantel, (3) galau, (4) bandel
- + F edit(1) jalak, (2) hujan, (3) galau, (4) usil
- + F edit(1) kenari, (2) sapu, (3) suara, (4) pujaan
- + F edit(1) bangau, (2) jaket, (3) galau, (4) jail
- + T edit
- 5. + S 1 5 editBerikut ini yang termasuk fungsi pantun, kecuali …
- + T editsebagai pengantar tidur
- + F edituntuk hiburan
- + F edituntuk memulai suatu permainan
- + F editsebagai alat pengendali sosial
- + T edit
- 6. + S 1 6 editBacalah puisi rakyat berikut!
Jika hendak mengenal orang mulia
Lihatlah kepada kelakuan dia
Puisi rakyat di atas bersajak… - 7. + S 1 7 editBacalah puisi rakyat berikut!
Jika hendak mengenal orang mulia
Lihatlah kepada kelakuan dia
Maksud isi puisi tersebut adalah ….- + T editKemuliaan dan derajat seseorang terlihat dari kelakuannya sehari-hari
- + F editKemuliaan seseorang bergantung pada derajat sosialnya
- + F editLihatlah kelakuan sehari-hari orang mulia yang kita kenal.
- + F editKenalilah kemuliaan seseorang dari kehidupanya setiap hari.
- + T edit
- 8. + S 1 8 editPerhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Bersajak a-a-a-a.
(2) Jumlah kata tiap baris bebas
(3) Semua baris berisi isi
(4) Tiap baris terdiri dari 8 sampai 10 suku kata
Ciri-ciri syair ditandai oleh nomor . . . . - 9. + S 1 9 editPerhatikan larik-larik pantun berikut!
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Ikan laut enak rasanya
3).Bila dimasak dan dimakan
4).Tentu boleh kita berkenalan
Susunlah larik pantun di atas dengan benar . . - 10. + S 1 10 editBacalah puisi berikut!
Janganlah menunda pekerjaan
Hindari menyia-nyiakan waktu
Larik pertama gurindam tersebut menggunakan kalimat …. - 11. + S 1 11 editBacalah puisi berikut!
Janganlah menunda pekerjaan
Hindari menyia-nyiakan waktu
Larik kedua gurindam tersebut menggunakan kalimat… - 12. + S 1 12 editPerhatikan puisi berikut!
Kalau mau makan sukun
Jangan lupa makan kedondong
Kalau mau hidup rukun
Jangan lupa tolong-menolong.
Puisi rakyat di atas bermakna…- + T editSebagai manusia kita haru hidup rukun dan tolong menolong
- + F editKita harus memakan sukun dan kedondong
- + F editKita harus hidup rukun
- + F editKita harus tolong menolong
- + T edit
- 13. + S 1 13 editPerhatikan puisi berikut!
Kalau mau makan sukun
Jangan lupa makan kedondong
Kalau mau hidup rukun
Jangan lupa tolong-menolong.
Kalimat kedua dan kalimat keempat pada puisi rakyat di atas menggunakan jenis kalimat… - 14. + S 1 14 editPerhatikan puisi rakyat berikut!
Pilihlah salak yang besar-besar
Salak bau harum kulitnya
Jadilah anak yang rajin belajar
Kelak engkau banyak ilmunya.
Struktur pantun di atas yang termasuk dalam sampiran terdapat pada baris… - 15. + S 1 15 editPerhatikan puisi rakyat berikut!
Pilihlah salak yang besar-besar
Salak bau harum kulitnya
Jadilah anak yang rajin belajar
Kelak engkau banyak ilmunya.
Makna pantun di atas adalah….- + T editAgar mendapatkan ilmu yang banyak maka harus rajin belajar
- + F editHarus memiliki ilmu yang banyak
- + F editHarus rajin belajar
- + F editHarus memilih salak yang besar-besar.
- + T edit
- 16. + S 1 16 editPerhatikan puisi rakyat berikut!
Pilihlah salak yang besar-besar
Salak bau harum kulitnya
Jadilah anak yang rajin belajar
Kelak engkau banyak ilmunya.
Kalimat ketiga pada pantun tersebut merupakan jenis kalimat… - 17. + S 1 17 editBacalah syair berikut!
Carilah ilmu yang bermanfaat
Janganlah menyerah sampai kau dapat
Gunakanlah ilmu secara tepat
Agar berguna bagi masyarakat
Pesan yang terkandung dalam syair tersebut adalah …- + T editTerus belajar supaya ilmunya bermanfaat untuk semuanya
- + F editTak ada kata menyerah dalam mencari ilmu sampai mati
- + F editCarilah ilmu sampai tua atau tiang lahat
- + F editGunakanlah ilmu untuk mencari kekayaan
- + T edit
- 18. + S 1 18 editPerhatikan kutipan gurindam berikut!
“Apabila mendengar akan kabar,
menerimanya itu hendaklah sabar”
Nilai moral yang yang dapat diambil dari kutipan gurindam tersebut adalah ….- + T editBila menerima kabar atau berita harus dengan kepala dingin dan ditelaah dengan benar
- + F editJanganlah mudah percaya pada kabar atau berita yang belum jelas kebenarannya.
- + F editTerimalah kabar atau berita dengan lapang dada meskipun itu kabar duka
- + F editJika ada kabar atau berita yang bukan berkaitan diri kita hendakah abaikan saja
- + T edit
- 19. + S 1 19 editCermati syair berikut!
Kabarnya orang empunya termasa
Baginda itulah raja perkasa
Tiadalah ia merasa susah
Entahlah kepada esok [ … ] lusa
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi syair tersebut adalah … - 20. + S 1 20 editCermatilah jawaban gurindam berikut dengan seksama!
[ …… ]
maka dia itulah orang yang ma’rifat.
Larik yang tepat untuk melengkapi bagian syarat gurindam tersebut adalah …- + T editBarang siapa mengenal yang empat
- + F editBuanglah barang yang tak berguna
- + F editBarang siapa mengenal diri
- + F editBarang siapa tiada beragama
- + T edit
- 21. + S 1 21 editSalah satu cerita fiksi yang di dalamnya menggunakan tokoh binatang dan memiliki nilai moral bagi pembaca merupakan pengertian dari teks…
- 22. + S 1 22 editUnsur pembangun cerita fabel terdapat unsur latar yang terbagi menjadi tiga. Latar yang menjelaskan mengenai kapan terjadinya suatu peristiwa merupakan latar …
- 23. + S 1 23 editJenis cerita fabel apakah yang memberikan watak tokoh dengan mengubah watak aslinya pada dunia nyata dan menggunakan tempat-tempat lain sebagai latar misalnya di rumah, di jalan raya, disebut ...
- 24. + S 1 24 editBacalah teks berikut ini!
Keesokan harinya, dia mengundang monyet ke rumahnya untuk makan malam dengan alasan istrinya ingin bertemu dengannya. Monyet itu senang dan ingin datang, tetapi dia tidak bisa berenang, jadi buaya membawanya di punggungnya. Buaya itu senang bahwa dia telah menipu monyet itu, namun, diperjalanan dia mengatakan alasan sebenarnya untuk membawa pulang monyet itu untuk mengambil jantunya. Monyet pintar itu berkata, “Seharusnya kamu memberi tahu saya sebelumnya, saya meninggalkan jantung saya di pohon. Kita harus kembali dan mengambilnya. “ Buaya percaya padanya dan membawanya kembali ke pohon. Sesampainya di pohon monyet segera memanjat dan menyelamatkan hidupnya.
Pada penggalan cerita tersebut amanat apa yang dapat diambil ...- + T editJangan suka berbohong
- + F editJangan menjadi orang yang sombong
- + F editJika teman mengalami kesusahan tidak dibantu
- + F editMembantu teman yang sedang kesusahan
- + T edit
- 25. + S 1 25 editBacalah teks berikut ini!
Sebuah taman yang indah menjadi tempat tinggal kelinci-kelinci yang cantik. Kelinci itu terlihat sangat menggemaskan. Warna mereka yang putih bersih membuat mereka terlihat semakin lucu. Kelinci-kelinci itu sedang asyik memakan wortel dan sayur-sayuran sambil bercerita tentang kehidupan mereka masing-masing. Ternyata, salah satu sifat kelinci adalah penakut.
Pada penggalan cerita di atas, dimana latar tempat dari cerita fabel tersebut ... - 26. + S 1 26 editDi dalam menceritakan kembali cerita fabel tahap apa yang harus dilakukan pertama kali ...
- + T editMenentukan tema/ide cerita
- + F editMenentukan latar
- + F editMenentukan amanat
- + F editLangsung menuliskan cerita
- + T edit
- 27. + S 1 27 editApa yang perlu dilakukan pada saat menentukan rangkaian urutan cerita ...
- + T editMenuliskan kalimat pokok disetiap paragraf
- + F editMembaca secara keseluruhan
- + F editMenuliskan kalimat penjelas di dalam cerita
- + F editMenuliskan kalimat langsung di dalam cerita
- + T edit
- 28. + S 1 28 editBacalah penggalan cerita berikut!
Langit sudah gelap, puluhan lebah pun bergegas kembali kesarangnya. Keluarga lebah selalu bergegas pagi-pagi dan pulang saat langit sudah gelap untuk mencari madu di taman bunga sebagai bahan makanan mereka. Bee merupakan lebah terkecil, yang selalu merasa lelah sepulang dari mencari madu. Saat itu Bee merasa sangat letih namun Sang Ratu lebah memaksa Bee untuk bekerja merapikan madu-madu yang telah ia bawa. Bee berusaha menolak namun Ratu tetap memaksanya.
Latar waktu dari penggalan cerita di atas adalah… - 29. + S 1 29 editBacalah penggalan cerita berikut!
Langit sudah gelap, puluhan lebah pun bergegas kembali kesarangnya. Keluarga lebah selalu bergegas pagi-pagi dan pulang saat langit sudah gelap untuk mencari madu di taman bunga sebagai bahan makanan mereka. Bee merupakan lebah terkecil, yang selalu merasa lelah sepulang dari mencari madu. Saat itu Bee merasa sangat letih namun Sang Ratu lebah memaksa Bee untuk bekerja merapikan madu-madu yang telah ia bawa. Bee berusaha menolak namun Ratu tetap memaksanya.
Latar tempat terjadinya cerita di atas adalah… - 30. + S 1 30 editBacalah penggalan cerita berikut!
Langit sudah gelap, puluhan lebah pun bergegas kembali kesarangnya. Keluarga lebah selalu bergegas pagi-pagi dan pulang saat langit sudah gelap untuk mencari madu di taman bunga sebagai bahan makanan mereka. Bee merupakan lebah terkecil, yang selalu merasa lelah sepulang dari mencari madu. Saat itu Bee merasa sangat letih namun Sang Ratu lebah memaksa Bee untuk bekerja merapikan madu-madu yang telah ia bawa. Bee berusaha menolak namun Ratu tetap memaksanya.
Watak Sang Ratu pada penggalan cerita di atas adalah… - 31. + S 1 31 editStruktur cerita fabel yang menjelaskan awal mula cerita disebut…
- 32. + S 1 32 editStruktur yang teks cerita fabel yang menjelaskan puncak dari cerita fabel disebut…
- 33. + S 1 33 editApa yang terjadi di tahap resolusi pada teks cerita fabel ...
- + T editPenyelesaian masalah
- + F editAwal mula cerita
- + F editMunculnya masalah
- + F editPuncak permasalah cerita
- + T edit
- 34. + S 1 34 editBacalah cerita fabel berikut!
Di suatu hutan yang lebat, tinggalah sekelompok harimau yang menjadi menguasa hutan itu. Harimau-harimau itu setiap hari membagi tugasnya untuk mendapatkan mangsa. Tiger merupakan salah satu harimau yang sangat pemberani namun memiliki hati yang baik. Pada suatu sore Tiger yang sedang berjalan sambal mencari mangsa melihat seekor ular yang sedang tertimpa pohon yang besar.
Penggalan cerita di atas termasuk dalam struktur bagian … - 35. + S 1 35 editBacalah cerita fabel berikut ini!
Rubah terus mengejar Kelinci. Sang Rubah tidak menyerah begitu saja. Rubah itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti sehingga dia mampu mengejar Sang Kelinci tanpa kelelahan. Meskipun demikian sang Kelinci melompat dengan sangat cepat menghindari kejaran Rubah. Sang Rubah kehilangan jejak Kelinci. Rubah mulai mengendus-ngendus bau sang Kelinci. Tidak lama kemudian dia menemukan Kelinci itu. Kini dia mengejarnya lebih cepat dari sebelumnya, tetapi sang Kelinci itu tidak dapat dia kejar. Akhirnya, Rubah itu menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap Kelinci itu lagi.
Penggalan cerita di atas termasuk dalam struktur bagian … - 36. + S 1 36 edit"Kasihan sekali kamu, Kepompong. Tidak bisa ke mana-mana. Lihatlah. Aku bisa pergi ke mana pun aku mau,"
Kalimat di atas merupakan kalimat…- + T editKalimat langsung
- + F editKalimat tidak langsung
- + F editKalimat persuasi
- + F editKalimat imajinatif
- + T edit
- 37. + S 1 37 editBacalah cerita fabel berikut ini!
Suatu hari, Semut Merah hendak mencari makanan. Wajahnya terlihat sedikit murung. Rupanya hujan turun semalaman. Pasti ia … kesulitan mencari makan. Begitu pikirnya, … ia ingat dengan kepompong yang bisa diejeknya, ia berubah menjadi senang. Sayangnya, … ia melewati ranting tempat kepompong menggelantung, kepompong itu sudah tidak ada. "Ke mana perginya kepompong?" gumam Semut Merah. Ia kesal karena tak bisa mengejek kepompong.
Lengkapilah paragraf rumpang pada teks cerita fabel di atas ... - 38. + S 1 38 editPerhatikan penggalan cerita fabel berikut ini!
Pada suatu sore yang cerah, serigala merasa lapar. Ia hendak mencari mangsa di padang rumput. Serigala tahu, jika sore tiba, ada banyak kambing di sana. Tapi, begitu ia sampai ke padang rumput, tidak ada siapa-siapa. Hanya rumput yang tertiup angin. "Hei, serigala! Kami di atas sini!" teriak induk kambing, memanggil serigala yang berada di padang rumput.
Kalimat yang dicetak miring merupakan kalimat… - 39. + S 1 39 editCiri dari kalimat langsung adalah…
- + T editMenggunakan tanda petik (“…”)
- + F editMenggunakan tanda titik koma (;)
- + F editMenggunakan tanda titik (.)
- + F editMenggunakan tanda petik satu (‘…’)
- + T edit
- 40. + S 1 40 editSalah satu ciri kalimat tidak langsung adalah…
0 Komentar